SBSI Bukit Batu Demo Pertamina Sungai Pakning, Ini 12 Tuntutannya

id sbsi bukit, batu demo, pertamina sungai, pakning ini, 12 tuntutannya

SBSI Bukit Batu Demo Pertamina Sungai Pakning, Ini 12 Tuntutannya

Bengkalis, (Antarariau.com)- Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, lakukan unjuk rasa di PT Pertamina RU II Sei Pakning Kec.Bukit, Selasa.

“Simpatisan yang tergabung dalam SBSI Kecamatan Bukit Batu itu dipimpin oleh Saiful Bahri selaku Ketua serikat bersama rekannya menyampaikan tuntutan mereka kepada PT.Pertamina RU II Sei Pakning Kecamatan Bukit Batu,” kata Brigadir Richi Sagita polsek bukit batu sekaligus ketua babinkamtibmas yang bertugas di daerah itu saat melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa, selasa (2/2).

Ia mengatakan ada banyak tuntutan yang diutarakan para mantan karyawan AKK Marine dan simpatisan tersebut, adapun tuntutannya terhadap PT Pertamina adalah pertama agar mempekerjakan pekerja AKK seperti biasa, kedua meminta secara transparan regulasi alih kelola dan Legal SK Direktur pemasaran no.088 thn 2015, ke tiga Perusahaan tidak ada alasan dan dasar hukum untuk menyandera hak normative pekerja.

Selanjutnya tuntutan ke empat yaitu apa dasar hukum perusahaan melakukan masa kontrak kerja 6,7,8,9 dan 11 bulan, ke lima apa dasar hukum pekerja membuat lamaran kerja baru dengan perusahaan yang sama.

Tuntutan keenam mengenai masa perjanjian kontrak kerja laut (PKL) 12 bulan tanpa jeda, ketujuh umur masa pensiun 56 tahun penuh, kedelapan pekerja masih menerima uang insentif ketika PT Pertamina menerima keuntungan.

Selanjutnya pekerja harus menerima hak normatif uang cuti tahunan, serta jaminan dan kepastian kerja selama masa pensiun dan perusahaan agar tidak melakukan mutasi kepada pekerja AKK ketika tidak sesuai prosedur.

“Dalam tuntutuan itu juga diminta agar perusahaan dapat menjamin dan kepastian untuk pembayaran semua hak pekerja selama di PT Pertamina dan PT PTK, selanjutnya Klasifikasi ijazah AKK biaya dibebankan kepada perushaan seterusnya stop intimidasi dan diskriminasi kepada pekerja AKK dan mereka juga menuntut Pelayanan BPJS Ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan sesuai dengan peraturan,” kata Brigadir Richi Sagita polsek bukit batu saat bertugas melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa tersebut.

Ia mengatakan tidak ada aksi anarkis ketika unjuk rasa dilakukan di depan Gerbang Marine Area PT.Pertamina RU II Kecamatan Bukit Batu itu.

Ia menjelaskan, aksi unjuk rasa kabarnya akan dilanjutkan kembali besok pada Rabu 3 Februari dilokasi yang sama Depan gerbang masuk Marine Area PT.Pertamina RU II Kecamatan Bukit Batu.

“Rencananya besok akan dihadiri Disnakertrans Kabupaten Bengkalis untuk menengahi permasalahan ini, Dan rencananya besok akan dihadiri juga dari pihak Syahbandar sebagai pembuat Perjanjian kerja laut,” katanya menjelaskan.