Polres Dumai Periksa Pengunjung Vihara dengan Alat Pendeteksi Logam

id polres dumai, periksa pengunjung, vihara dengan, alat pendeteksi logam

Polres Dumai Periksa Pengunjung Vihara dengan Alat Pendeteksi Logam

Dumai, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Dumai, Riau menjaga keamanan Vihara Hock Liong Kiong, Jalan Kelakap Tujuh dengan menggunakan alat pendeteksi logam pengunjung datang dalam perayaan Imlek 2567.

Kapolres Dumai AKPB Suwoyo mengatakan pengamanan ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan agar umat yang beribadah di tahun baru Imlek 2567 merasa tenang.

"Konsentrasi pengamanan perayaan Imlek dipusatkan di Vihara Hock Liong Kiong yang akan dijaga oleh kekuatan 100 personel polisi," katanya di Dumai Minggu.

Ia menjelaskan pengamanan pada hari besar agama Konghucu ini telah berkoordinasi dengan panitia dan pengurus Vihara agar tercipta suasana aman kondusif.

Pola pengamanan Imlek dilakukan juga dengan menurunkan personel patroli, baik di jalan utama, maupun ke sejumlah rumah ibadah lain dan pemukiman warga keturunan Tionghoa di daerah ini.

"Kepolisian juga akan mengawal kegiatan pawai Imlek di sejumlah ruas jalan kota dan berharap seluruh rangkaian perayaan dapat berjalan tertib dan lancar," ungkapnya.

Disamping itu, Polres Dumai juga mengimbau warga Tionghoa yang merayakan Imlek agar tidak berlebihan, terutama tidak membunyikan petasan hingga larut malam demi kenyamanan masyarakat umum.

Selain itu, bagi warga yang akan bepergian keluar kota meninggalkan rumah agar waspada terhadap harta benda dan melapor ke Ketua RT di lingkungan setempat supaya terpantau dari aksi kejahatan.

"Mari kita saling menghargai dan menghormati warga yang berhari raya dengan meningkatkan toleransi dan jaga keamanan di lingkungan masing masing," harap dia.

Sejumlah rumah ibadah Konghucu dan rumah hunian warga Tionghoa di Dumai mulai berhias dengan pemasangan lampu lampion berciri khas warna merah.