Jelang Perayaan Imlek Penumpang Melonjak, Feri Dumai Tambah 2-3 Armada

id jelang perayaan, imlek penumpang, melonjak feri, dumai tambah, 2-3 armada

Jelang Perayaan Imlek Penumpang Melonjak, Feri Dumai Tambah 2-3 Armada

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perusahaan feri penumpang di Kota Dumai, Riau, menambah 2-3 armada kapal untuk melayani lonjakan pemudik yang datang dari sejumlah daerah rute kedatangan domestik menjelang perayaan Imlek 2567.

Pengurus Feri Dumai Express Ayong di Dumai, Minggu, menyebutkan peningkatan penumpang terkait Imlek mulai terasa sejak Sabtu (6/2) di pelabuhan, namun hanya terjadi pada rute kedatangan dari tujuan domestik.

"Kami menambah hingga tiga armada kapal untuk melayani lonjakan penumpang yang datang, terutama dari Batam, Kepulauan Riau, dan Selat Panjang karena pada hari normal hanya satu kapal," kata dia kepada pers.

Dijelaskan dia, untuk rute penumpang berangkat, baik tujuan domestik dan internasional ke berbagai kota di Malaysia sejauh ini masih normal, yaitu hanya 2 armada kapal.

Sambut perayaan Imlek, perusahaan feri PT Indomal Bahari ini tidak melakukan persiapan khusus karena setiap hari rutin memberikan pelayanan jasa transportasi penumpang laut dan perawatan kapal.

"Jelang Imlek ini tidak ada persiapan khusus karena sudah kegiatan rutin kita melayani penumpang laut," ungkap dia.

Dalam pelayanan jasa trasportasi bagi pemudik ini, dia mengaku, perjalanan kapal feri agak terganggu dengan kondisi cuaca di perairan yang mengalami gelombang laut berukuran kecil.

Untuk mengantisipasi gelombang ini, nakhoda kapal telah diminta agar meningkatkan kewaspadaan di perairan dan menjalankan armada feri dengan mengambil di jalur pantai atau tepi laut.

"Kondisi gelombang agak tinggi membuat kita harus berwaspada, namun tidak terlalu menganggu pelayaran karena kapten kapal diminta berhati hati saat berlayar," jelasnya.

Terkait perayaan Imlek, Polres Dumai menjaga keamanan di Vihara Hock Liong Kiong di Jalan Kelakap Tujuh Dumai dengan pengamanan ketat dan menggunakan alat pendeteksi metal bagi pengunjung datang.

"Konsentrasi pengamanan perayaan Imlek dipusatkan di Wihara Hock Liong Kiong yang akan dijaga oleh kekuatan 100 personel polisi agar umat yang beribadah merasa tenang," kata Kapolres Dumai AKPB Suwoyo.