Kisah Foto Antara, Senyum Lepas di Tengah Banjir Sumbar

id kisah foto, antara senyum, lepas di, tengah banjir sumbar

Kisah Foto Antara, Senyum Lepas di Tengah Banjir Sumbar

Pekanbaru (Antarariau.com) - Satu foto bisa memiliki sejuta makna, bahkan seringkali memiliki banyak penafsiran berbeda dari penikmatnya. Foto jurnalistik berusaha "merekam" foto realita dari momen, kehidupan, festival hingga dalam sebuah bencana dengan apa adanya.

Dari musibah banjir yang melanda Provinsi Sumatera Barat, ada sebuah foto yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Senin (8/2) yang bisa dikatakan unik karena menangkap momen dua warga tersenyum saat menjadi korban musibah banjir. Raut muka dua pemuda di dalam foto itu terlihat sumringah, sambil mendorong motor mereka yang nyaris "tertelan" tingginya air banjir yang berwarna coklat. Ketika warga terlihat berkerumun disekeliling daerah itu, kedua pemuda ini terlihat kontras karena "nyengir" lebar saat melintasi banjir.

Kok bisa, ya??

Daripada kita terus berspekulasi menebak alasan senyum di tengah banjir Sumbar itu, dan sebelum foto ini beredar luas jadi goyonan "Meme", mari kita mencari tahu kisah di balik foto itu sendiri. Foto berjudul "Akses Jalan Terputus" itu merupakan karya dari fotografer ANTARA bernama Iggoy el Fitra. Dalam keterangan foto (caption) sang fotografer menuliskan bahwa dua warga tersebut mendorong sepeda motor menembus banjir yang merendam Jalan Sumbar-Riau di NagarI Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Senin (8/2).

Iggoy saat dikonfirmasi dari Pekanbaru, Selasa, mengatakan saat itu lalu lintas lumpuh karena ketinggian air mencapai sekitar 1,5 meter. Ia mendapat tugas dari kantornya dan langsung menuju lokasi saat hujan deras terus mengguyur Sumbar. Iggoy mengatakan foto tersebut merupakan satu dari sekian banyak momen yang diabadikannya di tengah musibah banjir Sumbar.

Iggoy menjelaskan, ia tidak mengenal dua pemuda itu dan mereka memang tersenyum lebar saat melihat akan difoto. Iggoy sendiri tampaknya penasaran melihat tingkah keduanya dan langsung mewawancarai mereka. Karena pada logikanya, kedua orang di foto itu sangat nekat mengambil risiko membenamkan motor mereka melintasi banjir yang berpotensi merusak mesin.

"Ini komunitas motor (Honda) CB. Mereka bongkar tanki bensin dan cabut semua yang bakal rusak kena air, lalu melintaslah," kata Iggoy.

Nah, dari cerita fotografer bisa terungkap dengan jelas kisah foto senyum lepas di tengah bencana banjir Sumbar. Ternyata kedua pemuda di foto itu bukan sekedar senyum, bahkan dari foto ini kita bisa tahu informasi cara aman mendorong sepeda motor di tengah banjir. Salam jepret!