Bupati Inhil Minta Masyarakat Bijak dalam Mengelola Sampah

id bupati inhil, minta masyarakat, bijak dalam, mengelola sampah

Bupati Inhil Minta Masyarakat Bijak dalam Mengelola Sampah

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir, Provinsi Riau Muhammad Wardan menyatakan bahwa sampah yang berada di lingkungan setempat masih memiliki nilai ekonomi jika mampu dikelola dengan baik.

"Sebagai contoh, kita bisa lihat bahwa di daerah perkotaan besar sampah dapat dikelola menjadi berbagai hal diantaranya dapat diolah menjadi pupuk kompos," kata Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan di Tembilahan, Selasa.

Selain itu, katanya, sampah untuk jenis organik juga dapat diolah menjadi pakan ternak, dan hal ini tentunya dapat mengurangi beban peternak dari segi biaya untuk membeli pakan ternaknya. Beberapa sampah organik biasanya berupa bahan makanan sisa atau bahkan makanan sisa.

"Contoh yang paling sering ditemukan adalah di pasar-pasar tradisional. Di sana dapat ditemukan dengan mudah sampah sayur-sayur yang berserakan. Biasanya sayur tersebut merupakan sisa dari penjualan yang tidak layak konsumsi dan beberapa peternak memanfaatkan sampah ini untuk pakan ternak mereka. Tentu saja setelah dipilih yang masih layak konsumsi dan juga dibersihkan dari kandungan sampah," paparnya.

Kemudian dia menjelaskan jika sampah organik tersebut tidak layak konsumsi, cara tepat untuk pengolahannya adalah dibuat menjadi kompos. Dengan dibuat kompos akan memberi banyak manfaat. Pupuk kompos dapat menyuburkan tanah lebih baik dari pada pupuk buatan.

"Proses pembuatannya mudah dan murah tanpa peralatan yang mahal. Kemudian bahan bakunya juga dapat didapatkan secara gratis. Sehingga akan memberi manfaat kepada lingkungan dan juga manusia," ujarnya.

Sedangkan untuk sampah anorganik, jelasnya, dapat diolah menjadi barang baru seperti sampah plastik yang dapat diolah kembali menjadi berbagai macam mainan plastik, tas, dompet maupun hiasan bunga dan hal lainnya yang merupakan kreatifitas dari masyarakat.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat dengan bijak dalam mengelola sampah ini, masyarakat juga diminta untuk tidak lagi melakukan pembuangan sampah disembarang tempat.

"Mari kita jaga lingkungan kita bersama, kota yang bersih dapat kita wujudkan jika kita bersinergi dan saling menghargai, saya percaya saat ini masyarakat kita sudah cerdas, tentu mereka akan memahami dampak buruk dari membuang sampah sembarangan," katanya.

(ADV)