Penduduknya Terkendali, Desa Beligan di Inhu Ditetapkan jadi Kampung KB

id penduduknya terkendali, desa beligan, di inhu, ditetapkan jadi, kampung kb

Penduduknya Terkendali, Desa Beligan di Inhu Ditetapkan jadi Kampung KB

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menetapkan Desa Beligan, Kecamatan Seberida, sebagai Kampung Keluarga Berencana untuk percontohan.

"Penetapan tersebut mengacu pada indikator pertumbuhan KB dan pengendalian jumlah penduduk," kata Plt Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluaga Berencana (BP3AKB) Indragiri Hulu Penni Darius di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan untuk memaksimalkan kegiatan Kampung KB tersebut berbagai kegiatan telah dilakukan mulai dari pninjauan lapangan bersama BKKBN Provinsi Riau hingga penyiapan SK oleh Kelapa Dearah yang saat ini tengah di proses untuk penetapan Desa Belagan sebagai Kampung KB.

Program Kampung KB merupakan target kegiatan nasional yang harus didukung oleh setiap daerah, desa yang ditunjukharus menyiapkan diri dan mengikuti petunjuk yang diberikan agar tercapai dengan baik.

"Hingga saat ini sudah berjalan sesuai tahapan," sebutnya.

Menurutnya, program Kampung KB pada prinsipnya sebagai upaya meningkatkan program KB selama ini, sehingga apa yang menjadi target dalam pelaksanaan program itu terwujud salah satu melalui penerapan khusus di kampung KB, juga diprogramkan untuk pembangunan keluarga.

"Ada tiga fase kehidupan manusia yang menjadi perhatian serius mulai dari bayi, remaja hingga lanjut usia (lansia) sebagai wujud direalisasikan dalam kampung KB," ujarnya.

Dijelaskannya, selama ini hanya terfokus pada pasangan usia subur untuk melaksanakan program KB, namun saat ini lebih ditingkatkan untuk kesehatan masyarakat hingga pengingkatan kesejahteraan kelaurga.

Begitu juga sebutnya, dalam pelaksanaan program Kampung KB juga harus didukung oleh setiap stakeholder terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian dan lainnya, karena melalui instansi tersebut akan dapat memacu peningkatan kesejahteraan keluarga terutama di Desa Beligan sebagai Kampung KB yang ditetapkan.

"Upaya pemerintah sangat positif, jelas mendukung program ekonomi kerakyatan," ucapnya.

Ditambahkannya, selama ditetapkan sebagai kampung KB maka segala kebutuhan untukpelaksanakan program kegiatan akan diupayakan melalui dana APBD sehingga semua pelaksanaannya di lapangan tidak mendapatkan kesulitan.