Indikasi Penyalahgunaan Anggaran Karhutla oleh Beberapa Satker Diselidiki Polres Dumai

id indikasi penyalahgunaan anggaran karhutla oleh beberapa satker diselidiki polres dumai

Indikasi Penyalahgunaan Anggaran Karhutla oleh Beberapa Satker Diselidiki Polres Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kapolres Dumai AKBP Suwoyo akan membentuk tim khusus untuk menyelidiki indikasi penyalahgunaan anggaran pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah satuan kerja terkait tahun 2015.

Rencana bentuk timsus ini karena penggunaan anggaran daerah harus transparan agar upaya penanggulangan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan bisa berjalan optimal.

"Jika penggunaan dana sesuai prosedur tentu saja tidak ada masalah, tapi jika sudah menyalahi aturan, maka ini akan ditelusuri oleh polisi," tegas AKBP Suwoyo dalam Rakor antisipasi Karhutla bersama Pemkot Dumai, Rabu.

Dia melanjutkan, penyelidikan atas dugaan tidak transparan penggunaan dana pencegahan dan penanggulangan Karhutla ini karena polisi menjalankan kewajiban ikut mengawasi anggaran pemerintah.

Bencana kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan menjadi permasalahan serius pemerintah, karena itu diharapkan kerjasama dan koordinasi baik lintas instansi terkait di daerah agar optimal melakukan antisipasi.

"Kasat Reskrim saya perintahkan untuk membentuk tim khusus dan memulai penyelidikan jika memang ada terdapat indikasi tidak transparan dana antisipasi Karhutla ini," sebutnya.

Sementara, Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus berharap seluruh satuan kerja daerah ikut serta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan agar Dumai bebas dari titik api.

Upaya antisipasi dapat dilakukan dengan membentuk masyarakat peduli untuk tidak membakar lahan dan membangun sekat kanal serta embung air sebagai cadangan air di daerah rawan Karhutla.

"Seluruh instansi terkait diharapkan agar dapat meningkatkan kerjasama dalam upaya pencegahan karhutla dan mengusulkan program untuk mencegah terjadinya bencana kabut asap," ungkap Pj Wali Kota Dumai.

Informasi dihimpun, satuan kerja terkait penanggulangan karhutla, diantaranya, BPBD, KLH, Dinas Kehutanan, Dinas Kesehatan dan 7 pemerintah kecamatan di Dumai.