Pantau Karhutla dengan Helikopter, Kapolda Riau Kunjungi Bengkalis

id pantau karhutla, dengan helikopter, kapolda riau, kunjungi bengkalis

Pantau Karhutla dengan Helikopter, Kapolda Riau Kunjungi Bengkalis

Bengkalis, (Antarariau.com)- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Jumat (12/2).

Kapolda beserta rombongannya tiba di Kabupaten Bengkalis dengan menggunakan Helikopter, yang mendarat di Lapangan Pasir Taman Andam Dewi Bengkalis.

Kehadiran orang nomor satu dijajaran Kepolisian Daerah Riau tersebut langsung disambut oleh Kapolres Bengkalis AKBP Aloysius Supriyadi, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Haryanto, Kepala Dinas Kehutanan Herman Mahmud, dan sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Bengkalis lainnya.

Adapun tujuan Kapolda ke Bengkalis adalah untuk meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang selama ini terjadi di Riau.

"Kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana yang hampir 90 persen merupakan akibat dari perbuatan manusia, karena sebagian tradisi masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar, terlebih lagi sebagian lahan merupakan lahan gambut," kata Kapolda Riau, Brigjen Dolly saat melakukan kunker di Bengkalis Jumat.

Ia mengatakan dengan tata kelola lahan yang salah, mengakibat karhutla terus berulang terjadi di daerah itu.

“Kita tidak boleh berpasrah diri dengan kondisi dan situasi yang ada," katanya.

Menurutnya, Forum Masyarakat Goro Melawan Karlahut merupakan program prioritas Kapolda Riau guna meminimalisir karlahut yang terjadi setiap tahunnya di daerah riau.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda juga menyempatkan diri meninjau langsung pembuatan blocking canal di Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis sebagai titik pilot projek blocking canal.

Brigjen Dolly terlihat kagum dengan Forum Masyarakat Gotong Royong Melawan Karlahut yang memperaktekkan pembuatan blocking canal dengan waktu singkat yakni hanya dalam waktu 15 menit.