Kapolda Riau Pilih Bengkalis Sebagai Pilot Project Sekat Kanal

id kapolda riau, pilih bengkalis, sebagai pilot, project sekat kanal

Kapolda Riau Pilih Bengkalis Sebagai Pilot Project Sekat Kanal

Bengkalis, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau memilih Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang berjuluk negeri junjungan itu sebagai pilot project pembuatan sekat kanal untuk pencegahan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Daerah Riau.

Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan menyebutkan dipilihnya Kabupaten Bengkalis sebagai pilot projek pembuatan bloking canal karena daerah terebut merupakan wilayah yang terkena dampak kekeringan yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Februari ini.

BMKGtelah memprediksi bahwa awal tahun 2016 diperkirakan bakal dilanda muculnya fenomena El Nino, sehingga menyebabkan kemarau panjang dan potensi terjadinya kebakaran lahan.

Di daerah Bengkalis, dominannya adalah bertanah gambut, dimana tanah ini akan mudah terbakar bila kering dan sulit dipadamkan bila terjadi kebakaran.

Untuk itu, pembuatan bloking canal merupakan langkah untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah itu.

Ia mengatakan, ada lima kabupaten di daerah Riau bagian utara merupakan wilayah pertama terkena dampak kekeringan yang di prediksi BMKG Februari ini. Ke lima daerah tersebut diantaranya kabupaten Bengkalis, Rohil, Dumai, Siak dan Meranti.

"Kenyataanya hingga saat ini Bengkalis saja sudah 10 hari tanpa hujan, ini yang harus kita antisipasi, makanya kita melangkah pertama di daerah utara, dan kita akan bergerak terus ke daerah lain," ujar Kapolda Riau Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan saat melakukan kunker ke Bengkalis, Jumat (12/2).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolda meninjau langsung pembuatan blocking canal di desa Wonosari Kecamatan Bengkalis sebagai titik pilot projek blocking canal.

Turut hadir mendampingi kapolda diantaranya Penjabat Bupati Bengkalis Ahmad Syah Harrofie, Bupati terpilih Amril Mukminin, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Wachyu Dwi Harianto, Kapolres Bengkalis AKBP A. Supriyadi, Ketua DPRD dan beberapa Kapolres di wilayah hukum Polda Riau.