MUI Rohil Larang Umat Muslim Rayakan Valentine Day, Bahkan Mengharamkan

id mui rohil, larang umat, muslim rayakan, valentine day, bahkan mengharamkan

MUI Rohil Larang Umat Muslim Rayakan Valentine Day, Bahkan Mengharamkan

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau melarang masyarakat muslim khususnya remaja, untuk tidak merayakan hari kasih sayang atau Valentine Day yang jatuh pada setiap tanggal 14 Februari.

"Kami dari MUI Rohil melarang, bahkan mengharamkan umat muslim merayakan Valentine Day. Karena hal itu mengikuti cara-cara yang tidak sesuai dengan syariat dan akidah Islam, serta tradisi didaerah kita," kata Ketua MUI Rohil H. Wan Achmad Syaiful, Jumat.

Didalam Islam, jelasnya, sesungguhnya kasih sayang itu dilakukan setiap saat seperti yang disebutkan dalam ayat suci Al-Quran, yang artinya bahwa semua orang Islam itu adalah bersaudara dan saling kasih sayang.

"Sebagai umat Islam kita harus memberikan kasih sayang setiap saat, dan tidak mengikuti peringatan hari kasih sayang pada hari-hari khusus yang diciptakan oleh orang-orang luar dengan niat yang tidak benar," katanya.

Selain itu, perayaan Valentine Day bukan merupakan budaya Melayu, maupun budaya Nusantara, apalagi budaya Islam.

"Biasanya saat perayaan Valentine ini para muda-mudi berhura-hura, bertemu dengan pasangan yang bukan muhrim dan berpacaran, sehingga dikhawatirkan akan melakukan berbagai kegiatan yang tidak diinginkan," sebutnya.

Peran orang tua dan tenaga pendidik juga sangat diharapkan untuk membentengi generasi muda dari pengaruh buruk Valentine Day, agar sedini mungkin kerusakan moral bisa diantisipasi. (Dedi Dahmudi)