Muhammadiyah Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Riau

id muhammadiyah salurkan, bantuan untuk, korban banjir riau

Muhammadiyah Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau melalui Lembaga Penanggulangan Bencana menyalurkan bantuan ratusan paket beras, mie instan, telur dan air mineral bagi korban banjir di Kabupaten Kampar Timur, Provinsi Riau.

"Bantuan kemanusian dihimpun dari donatur dan amal usaha di lingkungan Muhammadiyah Riau, diberikan sebagai wujud kepedulian serta bisa meringankan beban korban banjir di Kabupaten Kampar," kata Ketua LPB PW Muhammadiyah Riau M Anwar Siregar di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, pemberian bantuan dipimpin Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Dr Abdul Wahid MAg didampingi Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) yang dipimpin M Anwar Siregar serta anggota LPB dan Mapala UMRI.

Ia mengatakan, sejumlah daerah di Kabupaten Kampar yang menjadi lokasi penyerahan bantuan banjir antara lain Desa Penyasawan dan Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur serta Desa Aur Sati Kecamatan Tambang.

"Bantuan diserahkan kepada koordinator dapur umum yang dikelola oleh aparat desa setempat. Alhamdulillah, sore kemarin bantuan sudah didistribusikan ke beberapa lokasi yang sudah ditetapkan dan Insya Allah diupayakan untuk menjangkau lokasi-lokasi lainnya hari ini," katanya.

Anwar menyebutkan, beberapa lokasi banjir sulit dijangkau dengan transportasi darat sehingga terpaksa menggunakan Kapal Pompong.

"Kendala lainnya adalah menjangkau lokasi yang banjirnya masih tinggi seperti Desa Aur Sati, Desa Padang Luas, Desa Gobah dan beberapa lokasi lainnya. Untuk Desa Aur Sati Kecamatan Tambang sudah berhasil ditempuh dengan menggunakan Pompong," katanya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Wan Abu Bakar telah menginstruksikan segenap Pimpinan Daerah, Cabang, Ranting dan Organisasi Otonom serta warga Muhammadiyah agar menghimpun dan menyalurkan bantuan berupa uang dan bahan makanan.

Seperti disampaikan Jayus Sekretaris Mejalis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, Posko penampungan bantuan yang telah terbentuk yakni Posko Utama di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau jalan KH Ahmad Dahlan No. 88 Sukajadi, Pekanbaru.

Bantuan juga dapat disalurkan melalui Bank Riau dengan nomor rekening 820 21 03669 atas nama Lembaga Penanggulangan Bencana PWM Riau, kontak person M Hasbi Ash Shidiqi HP. 0853 74873989.

"Oleh karena itu saya mengimbau segenap Pimpinan Daerah, Cabang, Ranting dan Organisasi Otonom serta warga Muhammadiyah agar menghimpun dan menyalurkan bantuan melalui posko di kantor PWM Riau," katanya.

Wan menambahkan mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga yang sedang dilanda bencana ini dan berharap mereka menerima musibah tersebut dengan sabar dan ikhtiar serta siapkan fisik dan mental menghadapi kondisi seperti ini," katanya.