Dana Bantuan Korban Asap Belum juga Cair, Ini Pengakuan Mensos

id , dana bantuan, korban asap, belum juga, cair ini, pengakuan mensos

  Dana Bantuan Korban Asap Belum juga Cair, Ini Pengakuan Mensos

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa dana bantuan jaminan hidup untuk korban bencana kabut asap tahun lalu termasuk di Riau sampai saat ini belum juga cair.

Hal tersebut, kata dia, karena belum dari kemertrian keuangan belum turun. Padahal memang dana bantuan sebesar Rp10 sehari untuk 3 bulan berjumlah Rp900 ribu sudah disetujui presiden.

"Bagaimana prosesnya tanya ke kementrian keuangan saja," katanya di pekanbaru usai menghadiri Konfrensi Muslimat NU IV di Gedung daerah Rumah Gubernur Riau, Pekanbaru, Sabtu.

Program tersebut disebutkannya pada Oktober tahun lalu bahwa pemberian jadup diperuntukkan bagi warga di tujuh provinsi yang terdampak asap. Terdapat sebanyak 1,44 juta warga yang akan mendapatkan bantuan jadup sebesar Rp10.000 per hari selama tiga bulan per jiwa atau senilai Rp1,262 triliun.

Warga yang mendapat jadup tersebut adalah mereka yang dengan status sosial ekonomi 25 persen terbawah yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan. Hal itu dilakukan dengan alasan pendapatan mereka terganggu akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan.

Kabut asap yang terjadi sudah lebih dua bulan menyebabkan aktivitas warga terganggu dan kesehatan mereka juga terancam Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).