Rayakan Cue Lak, Ribuan Warga Tionghoa di Bengkalis Gelar Pawai

id rayakan cue, lak ribuan, warga tionghoa, di bengkalis, gelar pawai

Rayakan Cue Lak, Ribuan Warga Tionghoa di Bengkalis Gelar Pawai

Bengkalis, (Antarariau.com)- Ribuan warga Tionghoa yang ada di Kabupaten Bengkalis, provinsi riau, menggelar pawai untuk memeriahkan Cue Lak atau hari keenam Tahun Baru Imlek 2.567 dengan berkeliling Kota Bengkalis.

Humas Yayasan Hok Ann Kiong Bengkalis, Herman Kasuma menyebutkan, Rute pawai dimulai dari Kelenteng Hokk Ann Kiong Bengkalis menuju Jalan Sudirman. Kemudian menuju jalan-jalan protokol lainnya.

Rute selanjutnya adalah Jalan Ahmad Yani ujung, Jalan Antara, Jalan Tandun, terus ke jalan Hang Tuah menuju Jalan Sutan Syarif Kasim, dan kembali ke Jalan Sudirman dan berakhir di Kelenteng Hok Ann Kiong.

“Tahun 2015, rute arak-arakan keliling kota diperluas seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat dan juga petunjuk dari Budha,” kata Herman Kesuma.

Dari pantauan Antara, ribuan masyarakat tionghua mengikuti arak-arakan yang digelar tersebut.

Warga tionghua menyalakan petasan beraneka jenis didepan rumah dan dirukonya saat para dewa yang menjelma kedalam tubuh manusia yang di arak-arakan tersebut melewati rumah mereka.

Bukan hanya warga Tionghua yang menyaksikan sesembahan dan arak-arakan tersebut, masyarakat lainnnya juga ikut menyaksikan pawai arak-arakan tersebut.

Seorang ibu rumah tangga, sengaja datang dari Desa Tameran, untuk menyaksikan pawai atau yang mereka kenal dengan sebutan tangkie tersebut.

“Ingin melihat saja, penasaran dengan orang yang menebuskan mulutnya dengan besi itu, ada yang memukul-mukul pakai cambuk,” katanya penasaran.

(adv)