UMRI Bina Seratusan Mahasiswa Berwirausaha

id umri bina, seratusan, mahasiswa berwirausaha

UMRI Bina Seratusan  Mahasiswa Berwirausaha

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) memberikan pembinaan kewirausahaan bagi seratusan mahasiswa agar setelah menyelesaikan kuliah bisa menjadi warga yang mandiri.

"Ketika lulusan menjadi mandiri, mereka akan bisa meciptakan lapangan usaha baru dan merekrut tenaga kerja sehingga usaha mereka sekaligus mengurangi beban pemerintah,"kata Rektor UMRI Dr. Mubarrak, MSi di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan itu dalam rangkaian acara "Setahun UMRI enterpreneur award dan seminar membangun jiwa wirausaha muda" diikuti seratusan mahasiswa UMRI asal lima fakultas, dan pelajar SMK 4 Kota Pekanbaru dan pelajar Muhammadiyah, di Pekanbaru.

Menurut dia, seminar ini digelar tiap tahun guna memotivasi dan menumbuhkan semangat wirausaha bagi mahasiswa, semangat untuk mencari solusi, dan semangat untuk berkontribusi terhadap masyarakat, sebagai pengusaha.

Ia mengatakan, jika pengusaha muncul makin banyak, sebagai solusi mengentaskan kemiskinan sedangkan keberadaan pengusaha yang sukses, diharapkan bisa mengangkat martabat masyarakat dari keterpurukan ekonomi.

"Oleh karena itu sejak dini mahasiswa sudah bisa menentukan nasibnya sendiri sehingga sejak muda perlu bekerja keras, demi masa depan bangsa ke depan,"katanya.

Dia mencontohkan dirinya yang kendati sudah menjadi dosen masih terus ingin mencari tambahan uang untuk membiayai pendidikan S3.

Gaji sebagai dosen, katanya, untuk anak dan isteri, maka saya harus mencari tambahan lainnya untuk membiaya sekolah S3, yakni dengan berbisnis pakaian. Pakaian dibeli di Bandung dan dijual ke Rengat.

"Saya juga membuka usaha isi pulsa dan dibantu seorang asisten. Untuk usaha pengisian pulsa, dirinya tidak melayani permintaan istri dan anak karena cenderung tidak bayar," katanya berkelakar.

Terkait pemberian penghargaan bagi kelompok usaha yang berperestasi yang dinilai oleh Tim UMRI untuk tahun 2016 diperoleh oleh kelompok usaha BCL sebagai jaura pertama dengan nilai 82,525, juara kedua kelompok usaha Krip Buy (79,875) juara ketiga kelompok usaha risoles ayam mayo (76). Berikutnya juara harap I kelompok usaha keripik sahabat (75) dan juara harapan dua tanaman hidroponik (74, 65).

Dalam seminar mahasiswa dan pelajar mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan dari Dinas Koperasi Kota Pekanbaru, Ahmad Ingot Hutasuhut, Presiden Direktur Riau Pos Group Ridha K Aliamsi dan pemilik usaha Kaona Pekanbaru, Eka Rahman.