Gara-Gara Merokok, Warga Dumai ini Sebabkan 1 Hektare Lahan Terbakar

id gara-gara merokok, warga dumai, ini sebabkan, 1 hektare, lahan terbakar

Gara-Gara Merokok, Warga Dumai ini Sebabkan 1 Hektare Lahan Terbakar

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Dumai menangkap seorang warga yang diduga lalai menyebabkan kebakaran lahan seluas satu hektare di Jl Gatot Subroto KM 22 Kelurahan Bangsal Aceh, Kota Dumai, Riau.

"Pelaku sudah diamankan beserta barang bukti," kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, di Pekanbaru, Minggu.

Warga yang ditangkap bernama Sugito bin Ngalimin, pada Sabtu (13/2) karena sekira pukul 13.00 WIB telah terjadi kebakaran lahan milik warga bernama Serang. Sugito sudah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga mengakibatkan kebakaran lahan.

Kronologis kejadian, pada saat pagi hari tersangka Sugito sedang membersihkan lahan di tempat kejadian perkara sambil merokok, dan sekira pukul 11.00 WIB dia pulang. Ketika kembali ke lahan sekira pukul 13.00 WIB, ia melihat asap dilahan dan ternyata api telah menjalar ke areal lahan lebih kurang satu hektar, sehingga tidak bisa dikendalikan lagi.

AKBP Guntur mengatakan tindakan yang telah dilakukan pihak kepolisian antara lain melakukan cek tempat kejadian kebakaran, kemudian memadamkan api bersama pihak terkait dan masyarakat setempat.

Kemudian polisi mengamankan pelaku dan barang bukti, membuat laporan polisi, serta memeriksa saksi-saksi. "Lahan yang terbakar juga langsung diberi police line," katanya.