Riau Butuh 5 Rumah Sakit Lagi

id riau butuh, 5 rumah, sakit lagi

Riau Butuh 5 Rumah Sakit Lagi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Utama Pekanbaru, Provinsi Riau, kini membutuhkan sebanyak lima Rumah Sakit (RS) lagi tahun 2016 guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi kasus-kasus tingkat rujukan.

"Kelima RS yang dibutuhkan yakni untuk tipe B, C, dan D, untuk menangani kasus-kasus rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama," kata Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Pekanbaru Chandra Nurcahyo di Pekanbaru.

Menurut Chandra, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pada kasus-kasus rujukan pasien ke RS bisa disiasati melalui klinik utama, namun di Pekanbaru belum ada.

Padahal klinik ini bisa menangani pelayanan kolesterol, jantung, karena di klinik utama sudah tersedia dokter spesialis yang membuka praktek bersama.

"Untuk pelayanan praktek dokter bersama yang ada baru klinik ibu dan anak," katanya .

Ia menambahkan BPJS Kesehatan kantor cabang utama Pekanbaru sudah mengundang pemilik RS untuk segera mengajukan permohonan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Target kebutuhan lima unit RS tersebut bisa direalisasikan pada semester II tahun 2016.

Sedangkan sampai kini, katanya, sudah tercatat 26 RS yang melakukan kerjasama dan pemenuhan kebutuhan lima unit RS tersebut diperlukan untuk menangani peserta yang tiap tahun terus bertambah sebesar 20 persen.

"Tahun 2015 tercatat sebanyak 1,4 juta peserta berasal dari Kantor Cabang Pekanbaru. Tahun 2016 diharapkan ada penambahan peserta sebanyak 100.000 orang lagi hingga menjadi 1,5 juta jiwa," katanya.