Dinkes Riau Bantu Obat RSUD Teluk Kuantan

id dinkes, riau bantu, obat rsud, teluk kuantan

 Dinkes Riau Bantu Obat RSUD Teluk Kuantan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril mengatakan akan memberikan bantuan obat-obatan kepada pasien yang mendapatkan pelayanan dasar (primer) di puskesmas untuk mengatasi kesulitan operasional RSUD Kabupaten Kuantan Singingi yang bakal menghentikan operasional sementara.

"Bantuan obat-obatan itu hanya untuk 2-3 bulan, berupa obat pelayanan primer saja sesuai "buffer stok" obat Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan tidak semua rumah sakit bisa dipenuhi," kata Andra, di Pekanbaru, Minggu.

Bantuan tersebut disampaikannya terkait Direktur RSUD Teluk Kuantan dr David Oloan Napitulu MARS, menyatakan akan menghentikan sementara operasional RSUD Teluk Kuantan yang terkendala dengan masalah pengadaan obat-obatan.

Menurut Andra, persoalan pengadaan obat-obatan di RSUD Teluk Kuantan terkendala antara lebih akibat kesalahan kode rekening untuk membayar utang pada apotek yang menjalin kerjas ama dengan RSUD itu, sehingga apotek tersebut melakukan penutupan kerja sama sementara.

Uang untuk membeli obat itu ada, katanya lagi, namun kode rekening salah, sehingga hal ini harus dikonsultasikan dengan instansi terkait seperti BPKP dan Inspektorat untuk mencari solusi tentang masalah ini.

"Sekarang Dinkes Riau menunggu RSUD Teluk Kuantan untuk segera menandatangani berita acara penerimaan bantuan obat-obatan itu, agar obat bisa segera diserahkan," katanya lagi.

Direktur RSUD Teluk Kuantan David Oloan mengatakan, penghentian operasional RSUD Teluk Kuantan ini sudah diumumkan di RSUD, agar masyarakat bisa memahaminya, serta menghindari kesulitan dokter dari kunjungan pasien, mengingat stok obat belum tersedia memadai.

"Atas kasus ini, kami juga berharap pasien BPJS Kesehatan bisa mengetahui kebijakan ini sehingga mereka bisa mengambil sikap untuk mencari RS lain sementara waktu," katanya.

Dia menambahkan, BPJS Kesehatan tetap meminta RSUD Teluk Kuantan agar melayani pasein BPJS yang akan dirujuk ke RS lain.

RSUD Teluk Kuantan akan memberikan bantuan administrasi pasien yang akan dirujuk ke RS lain nantinya, dan RSUD masih tetap melayani pasien umum, gawat darurat atau emergency, rawat jalan dan rawat inap, katanya lagi.