5 Hal Penting Memilih Kursi Roda yang Ergonomis

id 5 hal, penting memilih, kursi roda, yang ergonomis

5 Hal Penting Memilih Kursi Roda yang Ergonomis

Kursi roda merupakan alat bantu yang dipakai bagi seseorang yang mengalami kesulitan berjalan, entah itu karena penyakit, cidera ataupun cacat. Kursi roda ini ada yang digerakkan dengan cara didorong oleh bantuan orang lain, digerakkan dengan tangan dan digerakkan dengan bantuan mesin.

Dalam memilih kursi roda haruslah yang ergonomis, penggunaan kursi roda yang baik akan membantumenjaga kesehatan tubuhpenggunanya. Kursi roda sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kursi roda manual dan kursi roda elektrik.

Kursi Roda Manual

Kursi roda yang satu ini pengoperasiannya digerakkan menggunakan tangan si pengguna atau didorong dengan bantuan orang lain. Berat kursi roda jenis ini 21 – 24 kilogram dan bisa dilipat. Kursi roda manual terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kursi roda standar serta kursi roda reclining. Untuk kursi roda standar biasanya banyak dipakai oleh pasien rumah sakit. Sedangkan untuk kursi roda reclining merupakan kursi roda rebah yang mana memudahkan pasien untuk bisa menyandarkan kepalanya supaya lebih nyaman. Kemiringan sandaran punggung kursi roda jenis ini sekitar 145 – 180 derajat, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kursi Roda Elektrik

Kursi roda jenis ini pengoperasiannya digerakkan dengan listrik atau battery dan dilengkapi dengan remote control. Kursi roda elektrik disebut pula dengan motorized wheel cair. Dengan kursi roda elektrik pengguna tidak perlu repot-repot meminta bantuan orang lain, cukup gunakan remote Control tersebut untuk menggunakannya. Harga kursi roda elektrik sudah tentu lebih mahal ketimbang kursi roda manual.

Dalam memilih kursi roda, ada berapa hal yang mesti diperhatikan. Benda yang satu ini tidak boleh sembarang pilih, terlebih penggunaannya digunakan orang yang sedang menjalani perawatan.

Berikut 5 tips memilih kursi roda.

Rangka

Rangka merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah kursi roda, apabila kursi roda tersebut mempunyai rangka dengan kualitas yang kurang bagus, maka bisa cepat rusak dan bisa saja roboh sewaktu digunakan. Dalam memilih kursi roda, pilihlah dengan rangka berbahan stainless Steel murni. Kursi roda sudah banyak tersedia di pasaran, namun kualitasnya belum terjamin. Bagian rangkanya terlihat stainless Steel, namun sebenarnya besi galvanis yang di croom sehingga tampilannya terlihat seperti stainless Steel. Untuk membeli kursi roda, kunjungi Ralali.com. Ralali.comjual kursi rodadengan berbagai pilihan harga dengan berbagai pilihan jenis dan merek kursi roda terlengkap.

Roda

Dalam memilih kursi roda, perhatikan pula bagian rodanya, apakah AS rodanya menggunakan laher atau tanpa laher, sangat disarankan pilih kursi roda yang mana AS rodanya menggunakan laher. Kemudian untuk bagian ban, pilih ban bersifat mati sehingga tidak perlu susah payah tambah angin.

Material

Material dalam memilih kursi roda yaitu material yang digunakan sebagai alat duduk serta untuk sandaran penggunanya. Pilih kursi roda yang menggunakan bahan berkualitas, seperti semi kulit.

Fitur

Fitur dalam pemilihan kursi roda pun harus diperhatikan misalnya rem tangan untuk si pendorong sehingga mudah ketika hendak berhenti, lalu pijakan kaki yang bisa di sesuaikan tinggi rendahnya serta sudut kemiringannya.

Sertifikasi

Dalam memilih kursi roda, sertifikasi pun tidak kalah penting dari semua yang sudah dijelaskan di atas. Pilih kursi roda dengansertifikasi SNIatau Standar Nasional Indonesia danISO 9001-2000atau standar kualitas suatu produk. Dengan adanya sertifikasi, menandakan kursi roda tersebut sudah melewati QC yang sangat ketat, dengan demikian kursi roda tersebut merupakan kursi roda yang mempunyai kualitas tinggi.