Terapkan Teknologi Inseminasi Buatan, Pemkab Inhil Maksimalkan Produktifitas Ternak Sapi

id terapkan teknologi, inseminasi buatan, pemkab inhil, maksimalkan produktifitas, ternak sapi

Terapkan Teknologi Inseminasi Buatan, Pemkab Inhil Maksimalkan Produktifitas Ternak Sapi

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau berupaya memaksimalkan produktifitas ternak sapi dengan menerapkan teknologi Inseminasi Buatan (IB), yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan peternak di daerah itu.

"Teknologi IB ini merupakan prosedur sederhana dan murah untuk mengatasi masalah ketidaksuburan pada hewan. IB juga telah menjadi salah satu teknik terbaik untuk melakukan meliorasi genetik hewan ternak," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kuswari di Tembilahan, Kamis.

Ia memaparkan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan bantuan teknologi IB ini diantaranya ialah meningkatkan mutu genetik sapi lokal, mengatasi masalah kekurangan pejantan unggul, mengurangi penyebaran penyakit kelamin serta peternak bisa memilih jenis keturunan sapinya.

"Selain itu IB juga dapat meningkatkan jumlah produktifitas sapi untuk memiliki banyak keturunan," ucapnya.

Ia mengungkapkan potensi ternak terutama untuk sapi di Kabupaten Indragiri Hilir sangatlah besar, ditambah lagi dengan sistem pemeliharaan unik yang digunakan oleh peternak setempat.

"Peternak menggunakan sistem kelapa sawit dan sapi yang artinya perpaduan antara peternak sapi dan pekebun kelapa sawit," ujarnya.

Dengan begitu, lanjutnya, banyak manfaat yang didapatkan diantaranya kotoran sapi dapat menjadi pupuk kemudian hasil kebun sawit juga secara tidak langsung akan subur dan meningkatkan hasil produksinya.

"Peternak sapi di Inhil ini cukup banyak dan hampir berada di seluruh kecamatan yang ada kecuali wilayah perairan seperti Kecamatan Concong dan Kuindra," katanya. (adv)