Pembangunan Infrastruktur Air Terjun 86 Inhil Belum Terlaksana, Ini Kendalanya

id pembangunan infrastruktur, air terjun, 86 inhil, belum terlaksana, ini kendalanya

Pembangunan Infrastruktur Air Terjun 86 Inhil Belum Terlaksana, Ini Kendalanya

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pembangunan Insfrastuktur di kawasan wisata Air Terjun 86 yang terletak di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau terkendala biaya tinggi yang disebabkan oleh beberapa faktor.

"Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya biaya pembangunan di kawasan wisata ini meliputi kondisi tanah yang labil dan tingginya biaya transportasi," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hariyono Karim di Tembilahan, Kamis.

Selain itu, lanjutnya, sebagian besar bahan bangunan juga harus didatangkan dari luar daerah kemudian biaya Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja juga sangat tinggi.

Oleh sebab itu, katanya, pembangunan infrastruktur di Indragiri Hilir lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Provinsi Riau.

"Air terjun 86 ini tepatnya berada di Kecamatan Kemuning dan merupakan wilayah Inhil yang menjadi arus lintas timur yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa," terangnya.

Dia mengungkapkan bahwa Kecamatan Kemuning ini merupakan daerah perbukitan dan menjadi salah satu daerah yang geografisnya dataran tinggi, sehingga panorama alamnya sangat cocok sebagai salah satu wilayah tujuan wisata alam.

"Air terjun 86 ini merupakan hulu dari Sungai Nderlang, jadi debit airnya akan tetap stabil meskipun sedang musim kemarau, jadi pengunjung yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir mengenai cuaca," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa lokasi air terjun ini memerlukan waktu tempuh sekitar lima jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir, yaitu Kota Tembilahan.

"Air terjun ini memiliki dinding dengan batuan alam yang terbentuk secara alami dan hal itu secara tidak langsung menambah nilai eksotis dari air terjun 86 ini," terangnya.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa air terjun 86 ini memiliki pepohonan yang rindang di sekitarnya dan menciptakan nuansa yang asri.

"Tinggi air terjun 86 ini sekitar 20 meter, dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat, debit airnya cukup besar sehingga dari jarak 10 meter kita sudah dapat merasakan hempasan air terjun 86 ini," paparnya. (adv)