Inhil Kaya Potensi Wisata, Ini Gambarannya Menurut Disporabudpar

id inhil kaya, potensi wisata, ini gambarannya, menurut disporabudpar

Inhil Kaya Potensi Wisata, Ini Gambarannya Menurut Disporabudpar

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, menyatakan daerah pesisir Riau bagian selatan itu kaya akan potensi berbagai wisata yang dapat dikembangkan.

"Indragiri Hilir ini memiliki banyak potensi wisata, baik berupa wisata alam, religi, budaya hingga kuliner," kata Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Indragiri Hilir Hariyono Karim di Tembilahan, Senin.

Ia menyebutkan beberapa wisata alam di Indragiri Hilir meliputi wisata Pantai Solop yang terdapat di Kecamatan Mandah, Pantai Ujung Jungkir di Kecamatan Kateman, kemudian Hutan Mangrove di sepanjang Sungai Indragiri, Pulau dan Tanjung yang ada di Pulau Burung, Pulau Busung, Pulau Palas, Pulau Sangkaran Ayam, Pulau Megat, Tanjung Bakung dan Tanjung Datuk.

Selain itu, lanjutnya juga terdapat beberapa wisata berupa danau-danau seperti Danau Mablue, Danau Tujuh Puluh, dan Danau Mentimun.

"Tidak hanya itu saja, bahkan di Indragiri Hilir juga terdapat beberapa Gua seperti Gua Api Panjang di Kecamatan Pulau Burung, Gua Batu Leman dan Gua Bukit Lempang di Selensen, Kemuning.

Kemudian juga terdapat objek wisata perbukitan, seperti Bukit 86 di Kemuning, Bukit Condong, Bukit Terbakar, Bukit Berbunga dan Bukit Sari Intan Jaya di Pulau Burung.

"Beberapa wisata budaya di Indragiri Hilir ialah Pacu Sampan Leper dan kegiatan Manongkah," ucapnya.

Namun, lanjutnya, infrastruktur yang ada di daerah itu masih belum memadai karena tingginya biaya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Disamping itu, pembangunan infrastruktur ini juga harus melalui lintas sektor," katanya. (adv)