Program Desa Maju Inhil Jaya Akan Bangun 44 Unit Dermaga

id program desa, maju inhil, jaya akan, bangun 44, unit dermaga

Program Desa Maju Inhil Jaya Akan Bangun 44 Unit Dermaga

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, telah membangun sebanyak 44 unit dermaga yang ada di daerah itu melalui dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) pada anggaran tahun 2014 dan 2015.

"Pada tahun 2014, Pemkab Indragiri Hilir telah membangun sebanyak 11 unit dermaga, sedangkan pada 2015 Pemkab setempat juga membangun dermaga sebanyak 33 unit," kata Kepala Bagian Humas Setdakab Indragiri Hilir Nursal di Tembilahan, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa bangunan dermaga ini dibangun untuk memudahkan masyarakat menepikan dan menambatkan kapal motor yang melakukan aktivitas bongkar muat barang atau menaik-turunkan penumpang.

"Di dermaga juga dilakukan kegiatan untuk mengisi bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan," paparnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui program DMIJ juga telah membangun sebanyak 231 jembatan di daerah pedesaan.

"Pada tahun 2014 Pemkab Indragiri Hilir membangun 120 unit jembatan dengan total panjang 1.452 meter," ujarnya.

Sedangkan untuk tahun anggaran 2015, lanjutnya, Pemkab Indragiri Hilir juga telah membangun jembatan penghubung desa sebanyak 111 unit dengan panjang 1.667 meter.

"Dengan dibangunnya jembatan ini, diharapkan dapat membantu masyarakat yang tinggal di desa dalam melaksanakan berbagai aktivitasnya, dari yang sebelumnya mungkin menyeberang dengan perahu atau pompong, saat ini sudah dapat dilalui melalui jalur darat," jelasnya.

Ia mengatakan pembangunan berbagai sarana/prasarana di seluruh wilayah Kabupaten Indragiri Hilir yang dicanangkan oleh Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan melalui program prioritasnya ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah setempat. (adv)