Rosberg Perpanjang Laju Kemenangan Di China

id rosberg perpanjang, laju kemenangan, di china

Rosberg Perpanjang Laju Kemenangan Di China

Shanghai, (Antara/reuters) - Nico Rosberg menorehkan kemenangan dominan pada Grand Prix Formula 1 China yang berlangsung menarik pada Minggu, untuk memperbesar keunggulannya terhadap rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton, yang mampu finis di posisi ketujuh setelah mengawali balapan pada posisi terakhir.

Rosberg melintasi garis finis dengan keunggulan 37,7 detik atas compatriot Jermannya Sebastian Vettel, yang mampu memulihkan diri setelah bertubrukan dengan rekan setim di Ferrari Kimi Raikkonen pada tikungan pertama, untuk mengklaim kemenangan ketiganya dari tiga balapan musim ini.

Daniil Kvyat finis di posisi ketiga untuk memberikan podium perdana kepada Red Bull sejak Grand Prix Singapura September silam, namun pebalap Rusia itu harus membela dirinya setelah balapan ketika Vettel yang marah menyalahkan dirinya atas tabrakan antara dua mobil Ferrari.

Kemenangan Minggu merupakan kemenangan ke-17 sepanjang karir Rosberg dan memperpanjang lajunya menjadi enam kemenangan, terhitung sejak Grand Prix Meksiko November silam.

Pebalap Jerman itu kini unggul atas Hamilton di puncak klasemen dengan 36 angka, dengan 18 putaran yang masih harus dimainkan pada

musim ini.

Hamilton, yang memulai balapan dari posisi terakhir setelah gagal menorehkan waktu pada sesi kualifikasi pada Sabtu karena masalah mesin, finis di urutan ketujuh, di mana ia membalap dengan mengalami masalah pada awal balapan ketika ia kehilangan sayap depannya akibat tubrukan pada tikungan pertama.

Pebalap Britania itu menggunakan taktik kuno dan strategi cerdas dari Mercedes untuk membuka jalan ke posisi ketiga, namun tantangannya memudar pada fase akhir balapan.

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo finis di urutan keempat. Pebalap Australia itu melintasi garis dari posisi kedua di grid dan sempat menyalip Rosberg pada awal balapan, namun ia terdorong ke belakang setelah harus berhenti lebih awal akibat kegagalan ban.

Raikkonen, yang mengalami nasib buruk pada tubrukan di tikungan pertama dengan rekan setimnya Vettel, yang finis di posisi keenam dengan mengungguli Felipe Massa dari Williams.

Mx Verstappen berada di urutan kedelapan mengungguli rekan setimnya di Toro Rosso Carlos Sainz, sedangkan Vltteri Bottas menutup posisi sepuluh besar untuk Williams.

Balap itu sempat mengalami gangguan ketika safety car masuk setelah serangkaian insiden pada tikungan pertama yang meninggalkan serpih-serpih mobil di trek.

Masuknya safety car membuat tim-tim yang ada mengganti strategi, di mana sebagian pebalap memilih masuk pit sedangkan sebagian lainnya berada di luar, menyebabkan strategi-strategi penggunaan ban harus dimainkan. (Foto telegraph.co.uk)