HUT Satpol PP ke-66, Bupati Kuansing Minta Kualitas SDM Ditingkatkan

id hut satpol, pp ke-66, bupati kuansing, minta kualitas, sdm ditingkatkan

HUT Satpol PP ke-66, Bupati Kuansing Minta Kualitas SDM Ditingkatkan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyebutkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja merupakan elemen penting dalam menjaga ketertiban dan kondusifitas daerah, karena itu harus terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bekerja optimal.

"Untuk itu, di usia yang semakin matang Satpol PP hendaknya semakin solid dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan tugas," kata Bupati Kuantan Singingi Sukarmis di Teluk Kuantan, Kamis.

Bupati mengatakan, peran dan keberadaan Satpol PP yang didalamnya tergabung Linmas dan Damkar sangat penting dalam menjaga ketertiban umum ditengah masyarakat, ikut berperan serius dalam menerapkan berbagai peraturan yang ada.

Bupati yang menjadi inspektur upacara HUT ke-66 Satpol PP Kamis (21/4) di Lapangan Limuno Telukkuantan menegaskan sebagai Satpol PP harus mempu juga memberikan contoh yang baik ditengah masyarakat.

"Jalani tugas dengan optimal dan semangat yang tinggi," pinta Bupati.

Sukarmis menyebutkan, karena tugas dan tanggungjawab Satpol PP memiliki kaitan yang erat dengan masyarakat, perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusia, persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini salah satunya berkaitan dengan kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), ini juga menjadi tanggungjawab bersama.

"Kondisi ini menjadi perhatian khusus semua pihak dan Damkar," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Sukarmis, langkah yang tepat dalam menangani Karlahut adalah dengan mencegah karena pencegahan jaun lebih baik bila dibandingkan dengan melakukan pemadaman seperti yang dilakukan selama ini.

Bupati berharap jika ada terjadi kebakaran, pelanggaran aturan sebaiknya Satpol PP bertindak cepat namun ditengah masyarakat hendaknya menunjukan sikap bermasyarakat sehingga tidak dimarahi oleh warga yang berimbas kepada ketidak percayaan kepada petugas.

"Mari mengayomi, tunjukan sikap santun tetapi tegas dalam menegakkan aturan," tegas Bupati.

Salah satu warga Kuantan Singingi Joni mengatakan, Satpol PP harus tahu tugas dan tanggungjawabnya dalam menjalankan aktivitas, layani masyarakat dengan baik dengan tidak menunjukan sikap arogansi tinggi.

"Bekerja keras tetapi santun sesuai aturan," harapnya.

(ADV)