1.705.350 Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Riau

id 1705350 penerima, bantuan iuran, bpjs kesehatan riau

1.705.350 Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Riau, mencatat bahwa sebanyak 1.705.350 jiwa di daerah itu masih terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

"Sebanyak 1.705.350 jiwa itu masing-masing sebanyak 1.383.965 jiwa anggaran preminya dibayarkan melalui APBN dan sebanyak 321.385 jiwa dibayarkan melalui APBD Provinsi Riau dengan anggaran pendamping dari berbagai kabupaten dan kota," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, peserta PBI adalah para peserta BPJS Kesehatan yang memegang kartu Jamkesmas yang jaminan kesehatannya dibiayai APBN, sedangkan Jamkesda dibiayai APBD.

Ia mengatakan, melalui perubahan iuran kepesertaan sesuai Peraturan Presiden No.19 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden No.12 Tahun 2013 tentang jaminan kesehatan, maka kabupaten dan kota harus menyesuaikan alokasi anggarannya dengan angka sebesar Rp23 ribu per orang itu, yang sudah dimulai sejak 1 April 2016.

"Pemerintah kabupaten dan kota harus memakai PP ini dan PBI dibantu iurannya tidak lagi Rp19.225/jiwa

namun menjadi Rp23 ribu/jiwa itu," katanya.

Penyesuaian premi ini, katanya lagi, perlu ditetapkan untuk peningkatan kualitas maka Dinkes Riau berharap persoalan pelayanan kesehatan di daerah sudah bisa dikurangi.

Disamping itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan, maka Dinkes Riau juga berupaya meningkatkan infrastruktur Puskesmas dan RSUD se-Riau.

"Bagian dari peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi PBI, Dinkes Riau juga mengalokasikan anggaran transportasi bagi pasien dan pendamping (keluarga) pasien Rp100 ribu per hari, atau jika sebulan Rp1,2 juta/orang," katanya dan menambahkan uang transportasi Rp100 ribu per hari ini ditetapkan bagi pasien Jamkesda/Jamkesmas yang akan dirujuk ke Jakarta.

Sementara itu, dengan kenaikan iuran bagi PBI ini kedepan BPJS Kesehatan juga akan lebih fokus pada upaya kesehatan preventif dimulai untuk keluarga sehat perorangan.