KPU Kuansing Gelar Evaluasi Pilkada

id kpu kuansing, gelar evaluasi pilkada

KPU Kuansing Gelar Evaluasi Pilkada

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar kegiatan evaluasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dalam rangka melihat kelemahan dan kesuksesan proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Kegiatan berupa Focus Group Discussion (FGD)," kata Katua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kuantan Singingi Firdaus Oemar di Teluk Kuantan, Sabtu.

Ketua KPU mengatakan, melalui acara FGD ini diharapkan dapat mengetahui apa saja kendala atau persoalan yang menjadi perhatian baik dari internal penyelenggara maupun dari eksternal sehingga menjadi bekal untuk kegiatan berikutnya.

KPU dan semua pihak dapat menganalisa berbagai hal yang dianggap penting seperti proses penyelenggara, mengidentifikasi persoalan dan memberikan usulan positip untuk kegiatan yang bakal dilakukan pada tahun - tahun berikutnya.

"Hasilnya akan dituangkan ke dalam laporan dan dikirim kepada KPU pusat," sebutnya.

Menurut dia, hasil rumusan dapat menjadi kesimpulan Pilkada Serentak Gelombang I dan pokok permasalahan yang dibahas pada kesempatan tersebut diantaranya penetapan DPT, perekrutan PPS dan PPK, persoalan pelanggaran dan penanganannya, penertiban APK dan tata tertib kampanye, peraturan serta petunjuk teknis yang masih ada kelemahan, anggaran.

Perwakilan KPU Riau Ilham Yasir yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, proses yang terjadi pada FGD ini merupakan hal terpenting yang akan menjadi perhatian KPU RI, selain laporan tertulis yang dilayangkan KPU daerah pasca Pilkada.

"Perwakilan dari berbagai unsur inilah yang perlu memberikan masukan, sekaligus juga untuk mengukur hasil kinerja dalam rangka mengevaluasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah (Pilkada) Kuantan Singingi," terangnya.

Berjalannya semua tahapan Pilkada di Kuansing perlu di apresiasi tinggi, kesuksesan itu juga tidak terlepas dari komitmen semua pihak untuk menggelar Pilkada damai dan aman di daerah.

"Terima kasih atas bantuan semua pihak," ucapnya.

(ADV)