Hijaukan Mata Dengan Terrarium

id hijaukan mata dengan terrarium

Hijaukan Mata Dengan Terrarium

Jakarta(Antarariau.com)- Punya wadah tak terpakai seperti toples atau aquarium? Yuk, kita gunakan untuk membuat terrarium.

Apa sih terrarium? Terrarium adalah tanaman mini di dalam wadah kaca. Tanaman ini sangat cocok untuk orang yang tidak memiliki waktu untuk merawat taman. Selain bentuknya yang indah, terrarium juga bisa "menghijaukan" ruangan Anda.

Begini cara mudah membuat terrarium sederhana:

1. Pilih Jenis Tanaman

Pilihlah tanaman yang tahan lembab seperti sansiviera (lidah mertua), keluarga kaktus, sukulen, bromelia, pakis ataupun lumut.

2. Pilih Wadah Penyimpanan

Anda bisa menggunakan akuarium, vas, mangkuk, atau tabung kimia.

3. Tempat Meletakkan Terrarium

Meski perawatannya minimal, tapi menempatkan taman mini ini tetap harus diperhatikan. Misalnya, pilih tempat yang cahayanya tidak terlalu banyak. Untuk suhu, terrarium harus disimpan di dalam ruang hangat. Hindari meletakkan terrarium di atas furnitur yang mudah rusak, hindari juga di tempat anak-anak bermain atau yang dapat diakses hewan peliharaan.

4. Bahan-bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat terrarium adalah tanah pot. Pilihlah tanah ringan dengan banyak drainase dan baiknya disertai gambut. Lalu, batu kecil atau kerikil, potongan arang aktif (bisa dibeli di toko peralatan akuarium), lembaran lumut ini berfungsi sebagai spons untuk menyapu kelebihan air. Yang terakhir adalah hiasan. Pilih hiasan apapun yang Anda inginkan untuk memperindah terrarium.

Cara Membuat:

1. Bersihkan wadah kaca

2. Campurkan batu kecil dan arang. Lalu, letakkan dibagian paling bawah.

3. Tambahkan lapisan lumut. Ini akan mencegah tanah tersaring ke dalam kerikil dan membantu menyerap air.

4. Masukkan tanah. Galilah lubang kecil untuk menanam tanaman.

5. Letakkan tanaman. Masukkan pada lubang kecil yang telah Anda gali.

6. Tambahkan dekorasi yang Anda inginkan.

Sumber: Gohitz