Sekda Buka Muscab III Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Kampar

id sekda buka, muscab iii, muhammadiyah dan, aisyiyah cabang kampar

Sekda Buka Muscab III Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Kampar

ampar Timur, (Antarariau.com) - Organisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah cabang Kampar III menggelar Musyawarah Cabang (muscab) ke 11 tahun 2016.

Acara Muscab diselenggarakan di PDTA Muhammadiyah Padang Merbau Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur,kamis (28/4).

Ketua Panitia Rahmat,S.Ag mengatakan sebelumnya Muhammadiyah Kampar III Kecamatan Kampar timur sudah melaksanakan dan mengikuti muktamar kini dilanjutkan dengan muscab Karena berakhirnya kepengurusan Muhammadiyah periode kepengurusan 2012 – 2016, untuk itu agar terpilih ketua sekaligus pengurus baru periode 2016-2021.

Dijelaskan Rahmat dalam melaksanakan muscab, Muhammadiyah cabang Kampar III tidak mengajukan proposal untuk meminta bantuan pada masyarakat maupun Pemerintah karena kami ingin membuktikan dan menunjukkan kepada semua, bahwa Muhammadiyah mampu melaksanakan muscab walaupum dengan seadanya namun acara muscab dapat dilaksanakan.

Namun begitu dijelaskan Rahmat, bantuan itu tetap ada artinya dari simpatisan warga Muhammadiya sendiri seperti untuk menyelenggarakan Muscab ini ada yang menyumbang tenaga, untuk jamuan makan ada yang menyumbang ikan, nasi dan lainnya.

Selain ketua panitia, Anwar yusup pimpinan cabang Muhammadiyah Kampar III menyampaikan, merasa sangat bangga pada muscab kali ini karena dapat terselenggara dengan swadaya sendiri dari anggota dan pengurus Muhammadiyah. "Ini merupakan jiwa atau prinsip Muhammadiyah karena Muhammadiyah itu bukan peminta-minta, walaupun sebenarnya Muhammadiyah mitra kerja Pemerintah," katanya.

Anwar mengingatkan kepada semua pemuka Muhammadiyah maupun pimpinan cabang maupun ranting. Muhammadiyah dan Aisyiyah adalah penegak persatuan karena itu harus kompak antara semua unsur baik anggota.

"Kompak menggalang dan mendukung kemajuan bersama baik untuk organisasi Muhammadiyah maupun Pemerintah," katanya.

Anwar juga menyampaikan pesan agar menjadi perhatian semua, kepada siapapun pimpinan terpilih nanti dari muscab, ke depan dapat memperhatikan soal kantor dan sarana-prasaranan kelengkapannya yang merupakan syarat utama adanya atau berdirinya kantor Cabang organisasi Muhammadiyah, karena selama ini setelah cabang Muhammadiyah Kampar III berdiri belum memiliki kantor dan serana lainnya.

Disebabkan itu Muhammadiyah Kampar III selama ini kami belum jarang dapat undangan untuk ikut musyawarah dan undangan kegiatan lainnya, untuk itu kepada ketua dan anggota pengurus terpilih nanti agar dapat mengusahakan dan memperjuangkan berdirinya kantor cabang juga kelengkapan sarana keberadaan sebuah kantor yang layak.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar Drs. H.Zulfan Hamid mengatakan, semoga melalui muscab muhammadiyah Kampar III dapat melahirkan pengurus dan pimpinan baru yang dapat lebih memajukan Muhammadiyah kearah yang lebih baik lagi ,serta dapat menjalankan organisasi Muhammadiyah sebagaimana ajaran agama dan sunnah rosul dalam memajukan organisasi Muhammadiyah.

Dirinya juga berharap hasil muscab nanti dapat membawa kegiatan, roda organisasi dan keinginan memajukan Muhammadiyah dapat terwujud melalui kepengurusan baru. "Untuk itu pilihlah ketua dan pengurus yang berdasarkan hati nurani, bukan karena kepentingan dan suatu hal lainnya agar dapat terwujud apa yang diinginkan organisasi Muhammadiyah," kata Zulfan.

Menyikapi perihal swadaya yang dilakukan anggota dan pengurus dalam melaksanakan muscab, Zulfan menyampaikan apresiasinya, lalu kata Zulfan, lebih baik memberi dari pada meminta karena hal itu lebih mulia.

Namun begitu selaku Pemerintah juga akan memberikan perhatian apalagi Muhammadiyah adalah organisasi vertikal artinya dapat diberi bantuan yang sifatnya sekali dalam setahun. Bantuan itu melalui hibah dari pemda yang diperuntukkan untuk bantuan orgasisasi langsung atau sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Lebih jauh Sekda menjelaskan, dirinya juga berasal dari keluarga Muhammadiyah dan itu sudah dari keturunan keluarga. Karena itu selama menjabat sebagai Sekda dirinya menyisihkan uang gaji selama masa menjabat sebagai Sekda dan alhamdulillah dapat untuk membangun panti asuhan.

Disamping itu Sekda juga memberikan bantuan dalam penyelenggaraan acara muscab terlebih untuk membantu kekurangan anggaran biaya pelaksanaan penyelengaraan muscab. Namun begitu dirinya berpesan, jangan dilihat jumlahnya tetapi lihatlah niatnya untuk kepentingan dan kemaslahatan ummat untuk itu saya akan mendukung moril dan materiil.

Hadir Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sahidul Amin, Pimpinan cabang Aisyiyah Kampar timur, Camat Kampar Timur syamsuriansah, ketua pemuda Muhammadiyah beserta tokoh dan masyarakat Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur.

(ADV)