Laksanakan Program HIV, Dinkes Pelalawan Mengacu Pada Deklarasi UNAIDS

id laksanakan program, hiv dinkes, pelalawan mengacu, pada deklarasi unaids

Laksanakan Program HIV, Dinkes Pelalawan Mengacu Pada Deklarasi UNAIDS

Oleh Agustine Sri Pamungkas

Pelalawan, (Antarariau.com)- Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan dalam melaksanakan program HIV mengacu pada deklarasi United Nations Programe on HIV and AIDS (UNAIDS) dalam hal tujuan pengendalian HIV AIDS yakni Getting Three Zeroes.

"Tujuan pengendalian tersebut tidak lain untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Drs. Khairul,Apt, Jumat.

Menurutnya untuk meningkatkan kualitas hidup Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dapat dilakukan dengan tiga cara dalam Getting Three Zeroes yaitu Zero New Infection, Zero AIDS related death, dan Zero Stigma and Discrimination.

"Untuk zero new infection sebisa mungkin kita mencegah timbulkan orang-orang baru yang terkena infeksi HIV,"ujarnya.

Hal ini dapat dilakukan dengan sosialisasi bahaya HIV dan bagaimana cara penularannya agar masyarakat terhindar dari infeksi penyakit ini.

"Kemudian kematian AIDS juga nol, artinya ini hanya bisa dikakukan dengan pencegahan baru untuk melihat hasilnya,"lanjutnya.

Untuk stigma dan diskriminasi yang masih kadang terjadi dilingkungan masyarakat ia menanggapinya karena ketidaktahuan akan penyebaran penyakit ini secara spesifik sehingga masyarakat menghindarinya dengan cara-cara kurang humanis.

"Tidak perlu mendiakriminasi, pada prinsipnya HIV hanya bisa menular melalui cairan dan darah jadi berjabat tangan tidak masalah,"sambungnya.

Ia mengatakan ada hal-hal yang harus dihindari seperti pola hidup menyimpang seperti seks bebas dan mengkonsumsi narkotika tetapi tidak untuk menghindarinya karena deskriminasi sosial.