Jelang Ramadan, Disperindag Rohil Pastikan Harga Sembako Stabil

id jelang ramadan, disperindag rohil, pastikan harga, sembako stabil

Jelang Ramadan, Disperindag Rohil Pastikan Harga Sembako Stabil

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Harga kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau sejauh ini cenderung stabil, karena pasokan barang dan permintaan pasar relatif normal dalam beberapa pekan terakhir.

"Setakat ini untuk harga dan stok sembako masih aman. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan sembako terutama menghadapi bulan suci Ramadhan nanti," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hilir Syafruddin di Bagansiapiapi, Jumat.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu memang ada sedikit mengalami kenaikan dikarenakan menurunnya hasil produksi yang tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat.

Namun, kenaikan harga tersebut bisa teratasi dengan meminta tim turun langsung kelapangan untuk memantau harga dan melakukan pembinaan kepada para pedagang.

"Meski saat ini harga stabil, kita akan terus pantau untuk menghindari adanya pedagang nakal yang menimbun barang dagangannya," tegasnya.

Selain menjamin kebutuhan sembako, pihaknya juga menjamin stok elpiji di Kabupaten Rokan Hilir aman.

"Kalau untuk stok elpiji kita masih banyak karena pendistribusian langsung dari pertamina ke SPBE dan bahkan saat ini juga masih berjalan cukup lancar," katanya.

Untuk memantau harga dan stok kebutuhan sembako, ia mengaku tim Disperindag Rohil setiap minggunya rutin melakukan pemantauan diseluruh pasar yang ada di Rokan Hilir.

"Khusus di Bagansiapiapi tim Disperindag yang langsung melakukan pemantauan dipasar, sementara untuk pasar yang ada dikecamatan lainnya kami minta kepada pihak kecamatan untuk melaporkan harga sembako setiap minggu," pesan dia.

Ia berharap menjelang bulan puasa kali ini tidak ada isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), karena isu tersebut akan berdampak terhadap kenaikan harga sembako yang cukup signifikan.

(ADV)

Oleh Dedi Dahmudi