Masyarakat Harus Jeli Pilih Perumahan, Banyak Rawan Banjir di Pekanbaru

id masyarakat harus, jeli pilih, perumahan banyak, rawan banjir, di pekanbaru

Masyarakat Harus Jeli Pilih Perumahan, Banyak Rawan Banjir di Pekanbaru

Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau mengimbau kepada masyarakat untuk bisa jeli memiliih lokasi perumahan agar tidak mudah terkena banjir saat hujan dan terlibat kasus sengketa tanah.

"Masyarakat kita harus jeli untuk memilih rumah, karena banyak diantara mereka yang perumahannya di lembah-lembah. Selain itu masih ada warga yang kondisinya memprihatinkan dari segi sumber air bersih," ujar Anggota DPRD Riau, Mansyur, di Pekanbaru, Sabtu.

Hal tersebut disampaikannya karena berkaitan dengan reses yang dilaksanakan di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, kemudian Keluruhan Labuah Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, dan Simpang Baru, kota Pekanbaru.

Dikatakannya, pada umumnya masyarakat setempat banyak mengeluhkan masalah banjir yang sering melanda daerahnya saat hujan datang.

"Saya sengaja mengambil daerah pinggiran kota Pekanbaru sebagai tempat pelaksanaan reses. Pada umumnya keluhan masyarakat tidak jauh-jauh dari situ, masalah banjir karena hujan. Setelah saya perhatikan memang rumah-rumah disana berada di daerah lembah," ungkapnya.

Kemudian dikatakannya, arus air yang berada pada daerah sekitar tidak lancar karena ruang yang sempit. Namun ucapnya, karena hal tersebut merupakan wewenangan dari pemerintah kota, maka pihaknya akan menyampaikannya pada pemko dan membantu lewat dana bankeu kota Pekanbaru.

"Itu wewenang pemerintah kota Pekanbaru, bukan provinsi, maka kami hanya bisa membantu lewat dana bankeu kota. Dan akan ditampung semua aspirasi-aspirasi masyarakat itu," ucap legislator Dapil kota Pekanbaru ini.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat harus bisa memilih perumahan yang jauh dari daerah banjir. Jangan sampai hanya tergiur dengan tawaran harga murah. Termasuk juga menghindarkan tanah yang terlibat sengketa, agar tidak susah dikemudian hari.

Reses anggota DPRD Riau berakhir pada Jumat (29/4) kemarin, setelah satu minggu menghimpun aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing untuk disampaikan kepada Gubernur agar dimasukkan dalam rencana kerja Kepala Daerah, yang dimulai sejak Jumat (22/4) yang lalu.