Seminar di UNRI, Ini Tips Berwirausaha Untuk Mahasiswa dari KOPINDO

id seminar di, unri ini, tips berwirausaha, untuk mahasiswa, dari kopindo

Seminar di UNRI, Ini Tips Berwirausaha Untuk Mahasiswa dari KOPINDO

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Koperasi Serba Usaha Pribumi Indonesia (KOPINDO) memberikan tips entrepreneur pada seminar perkoperasian dengan tema Koperasi dalam Membangun Karakter Wirausaha pada Kalangan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Ia menyarankan agar mahasiswa mulai bergabung di Koperasi Mahasiswa (Kopma) sejak awal kuliah, selain itu kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa dapat mengoptimalkan koperasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha.

"Kalau semua mahasiswa dari awal masuk kuliah bergabung di Kopma mereka bisa pakai simpanannya untuk buka usaha ketika lulus kuliah," kata Ketua Bidang Usaha KOPINDO Pendi Yusuf Muchtar Efendi, Sabtu.

Ia mengatakan selama ini fungsi Kopma hanya sebagai syarat untuk mengajukan pendaftaran wisuda bukan dijalankan sesuai asas manfaatnya.

"Padahal koperasi punya manfaat besar tidak hanya dalam fungsi ekonomi tetapi juga sosial,"ujarnya.

Menurutnya sistem yang dijalankan koperasi sangat elegan sesuai awal sejarahnya yaitu upaya patih Widya Admaja untuk membebaskan pegawai kerajaan yang terlilit hutang kepada rentenir.

"Jadi kalau mau menumbuhkan wirausaha muda bisa dimulai sejak bangku kuliah dengan bergabung dan membesarkan Kopma,"terangnya.

Ia menjelaskan ketika terjun ke Koperasi yang paling penting adalah membentuk dan mencari jaringan (Networking).

"Disitu kita bisa mencari produsen dan konsumen, karena dalam satu waktu kita bisa menjadi produsen maupun konsumen,"jelasnya.

Ia mengkalkulasikan jika saja dalam satu kampus ada 6000 pendaftar tiap tahun dan mereka diwajibkan bergabung dalam Kopma dengan simpanan pokok 10.000 rupiah maka sudah terkumpul 60.000.000 rupiah dan simpanan wajibnya misalkan 2.000 rupiah maka sudah ada 12.000.000 lagi yang terkumpul dengan total modal 72.000.000 rupiah.

"Dengan jumlah modal tersebut dapat dikelola oleh kopma, jadi ada fungsi ekonomi yang benar-benar bisa dijalankan oleh mahasiswa bukan hanya membayar iuran ketika akan lulus kuliah saja,"tambahnya.

Oleh Agustine Sri Pamungkas