Kecamatan Bengkalis Segera Bertambah 3 lagi, 2 Pemekaran dari Duri

id kecamatan bengkalis, segera bertambah, 3 lagi, 2 pemekaran, dari duri

Kecamatan Bengkalis Segera Bertambah 3 lagi, 2 Pemekaran dari Duri

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau yang telah memiliki Delapan kecamatan itu akan menambahkan tiga kecamatan lagi dari pemekaran beberapa kecamatan di daerah itu.

Ketiga kecamatan yang akan menjadi kecamatan di Kabupaten berjuluk Negeri junjungan tersebut adalah, Kecamatan Bandar Laksamana yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Bukit Batu, selanjutnya Kecamatan Bathin Solapan pemekaran dari Kecamatan Mandau, dan Kecamatan Talang Mandau pemekaran dari Kecamatan Pinggir.

"Dalam waktu dekat ketiga kecamatan tersebut akan kita defenitifkan, saat ini kita masih menunggu kode kecamatan dari Pemerintah Pusat, dari Kementerian Dalam Negeri, jika kode tersebut sudah keluar, maka aakan segera kita resmikan," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin di Bengkalis, Sabtu (30/4).

Menurut Amril, dibentuknya ketiga kecamatan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang pembentukan Daerah Otonomi Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Tengah.

“Dan tujuan dari dimekarkan beberapa kecamatan ini adalah untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan jalanannya roda pemerintahan di Kabupaten Bengkalis ini,” katanya lagi.

Dijelaskannya, setelah peresmian ketiga kecamatan baru itu nantinya, akan ada dua kecamatan lainnya yang juga akan diusulkan untuk dimekarkan, diantaranya kecamatan Bengkalis dan kecamatan Bantan.

“Sebagaimana dari laporan Camat Bengkalis yang saat ini memiliki 31 desa/kelurahan. menurut kami sudah terlalu banyak, untuk memudahkan koordinasi dan percepatan pembangunan, akan segera kita usulkan agar dapat dimekarkan. Tentunya harus sesuai dengan mekanisme dan ketentuan peraturan perundang-undangan begitu juga dengan Kecamatan Bantan," ujar Amril.

Ia menjelaskan setelah ketiga kecamatan tersebut diresmikan, maka Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan itu akan memiliki 11 kecamatan, diantaranya, Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan, Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Mandau, Kecamatan Pinggir, Kecamatan Rupat, Kecamatan Rupat Utara ditambah dengan Tiga Kecamatan Baru diantaranya Kecamatan Bandar Laksamana, Kecamatan Bathin Solapan dan Kecamatan Talang Muandau.