Bertepatan dengan Ritual Bakar Tongkang, Jembatan Padamaran Akan Diresmikan Juni

id bertepatan dengan ritual bakar tongkang jembatan padamaran akan diresmikan juni

Bertepatan dengan Ritual Bakar Tongkang, Jembatan Padamaran Akan Diresmikan Juni

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Jembatan Pedamaran I dan II yang berada di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau akan diresmikan bersamaan dengan Iven Nasional Ritual Bakar Tongkang pada Juni 2016.

"Kita berharap Plt Gubernur Riau yang akan meresmikan dua Jembatan itu," kata Bupati Rokan Hilir Suyatno di Bagansiapiapi, Minggu.

Menurutnya, peresmian Jembatan Pedamaran sudah lama direncanakan, bahkan rencana itu sudah semenjak masa kepemimpinan Bupati Annas Maamun.

Ia juga mengaku prihatin banyak bagian jembatan yang sudah mulai hilang dicuri maling dan nantinya apabila diresmikan akan ada patroli rutin Satpol PP dan penjaga khusus jembatan.

"Baru-baru ini sudah banyak lampu dan kawat pengikat jembatan hilang diembat maling," katanya.

Namun, sebelum peresmian terlebih dahulu dipastikan bagian jembatan yang hilang akan segera diganti oleh dinas terkait sehingga nantinya akan terlihat cantik dan rapi.

Terkait penerangan, ia mengaku masih menjadi kendala karena daya PLN masih belum mampu dan diminta agar segera mencarikan solusi.

"Mudah-mudahan ada solusi dari PLN sehingga disaat malam hari jembatan tersebut tidak terlihat gelap," harap Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini jembatan Pedamaran I dan II sudah difungsikan, meskipun belum diresmikan oleh Pemkab Rohil setidaknya masyarakat Kecamatan Pekaitan dan Kubu sudah mulai menggunakannya untuk berurusan ke Bagansiapiapi

"Jembatan ini salah satu jalan alternatif menuju jalan lintas pesisir Rohil yang terus digesa pembangunanya oleh Pemprov Riau dan pemerintah daerah," tuturnya.

Jalan lintas pesisir tersebut dimulai dari perbatasan antara Kota Dumai dengan Kabupaten Rokan Hilir menuju Kecamatan Sinaboi, kemudian ke Bagansiapiapi menuju Jembatan Pedamaran I ke Pulau Pedamaran.

Dari Pulau Pedamaran menyeberangi lagi melalui jembatan Pedamatan II menuju Pekaitan, Kubu, Pasir Limau Kapas hingga ke perbatasan wilayah antara Rohil dengan Sumatera Utara sehingga jalan tersebut bisa langsung menuju ke Tanjung Balai Asahan.

"Untuk panjang Jembatan Pedamaran I 1020 meter dan Jembatan Pedamaran II berukuran panjang 1200 meter," katanya mengakhiri. (Adv)