Kuansing Dapat Bantuan Mobil Dapur Umum

id kuansing, dapat bantuan, mobil dapur umum

 Kuansing Dapat Bantuan Mobil Dapur Umum

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia memberi bantuan sarana pendukung penanganan bencana kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berupa dua unit mobil yaiu mobil dapur umum dan mobil angkut air bersih.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Tenaga Kerja Kuantan Singingi Muharlius di Teluk Kuantan, Minggu, menyatakan bantuan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena bencana alam yang kerap terjadi di sejumlah wilayah Kuansing seperti banjir bandang.

Pengungsi akibat banjir selama ini merasa kesulitan mendapatkan air bersih, hingga pemerintah daerah mengusulkan pentingnya mobil pengakut air yang bisa menjangkau sejumlah wilayah kecamatan yang dilanda bencana.

"Kita juga mengharapkan pusat membantu alat memasak untuk keperluan dapur umum yang sangat vital perannya untuk membantu warga yang tertimpa musibah dan tinggal di tempat penampungan," ujarnya.

Sekretaris Dissosnaker Kuansing Samsius juga menambahkan, selain mobil juga daerah dibantu satu unit sepeda motor Patwal (Patroli Pengawalan) yang akan bertugas untuk mengawal dua unit mobil tersebut beroperasi ke lapangan.

"Fasilitas pendukung ini diharapkan dapat digunakan sebaik - baiknya oleh petugas di lapangan," ujarnya.

"Dua mobil sebenarnya masih kurang, namun bantuan pemerintah ini sangat diapresiasi," ucapnya.

Mobil dapur umum dilengkapi fasilitas memasak yang lengkap, kompor gas, sejumlah alat pendukung lainnya hingga semua siap pakai, namun demikian petugas harus memiliki keahlian khusus dalam mengoperasikan alat tersebut agar tidak mudah rusak.

Tahun 2016, ada dua kabupaten di Riau yang menerima yakni Kampar dan Kuansing.