Maraknya Pencurian di Masjid, Polres Bengkalis Minta Aktifkan Ronda Malam

id maraknya pencurian, di masjid, polres bengkalis, minta aktifkan, ronda malam

Maraknya Pencurian di Masjid, Polres Bengkalis Minta Aktifkan Ronda Malam

Bengkalis, (Antarariau.com)- Mengingat tingginya tingkat pidana pencurian di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Polres Kabupaten Bengkalis, menghimbau sekaligus menekankan Kepala Desa maupun Lurah di daerah itu untuk mengaktifkan ronda malam.

Wakil Kepala Polres Bengkalis, Kompol Defriyanto mengatakan, Kepala Desa ataupun Lurah harus senantiasa mengajak warganya tetap waspada terhadap lingkungan sekitarnya baik pencurian maupun ancaman terorisme.

“Kami minta aparatur desa untuk meningkatkan kewaspadaan menjaga lingkungannya, dengan cara kembali menggiatkan ronda malam, karena seperti peristiwa kejadian pencurian barang-barang milik mesjid beberapa waktu lalu yang berhasil kita amankan mereka beroperasi menjelang subuh,” kata Kompol Defriyanto di Bengkalis, Senin, (2/5).

Ia mengatakan, Polres Bengkalis terus memberikan dorongan terhadap siskamling yang masih aktif menjalankan ronda malam, dengan memberikan penghargaan terhadap siskamling terbaik sesuai dengan Instruksi Kapolda Riau.

Menurut dia, tingginya tindak pencurian yang terjadi di daerah itu berkaitan erat dengan tindak pidana penyalahgunaan barang haram, narkoba yang semakin meninggi di daerah itu.

"Hal ini jelas sangat mempengaruhi dimana mereka yang kecanduan narkoba apabila tidak ada uang untuk mendapatkan barang haram tersebut mereka mencari jalan yang cepat dengan mencuri" katanya.

Untuk itu lanjutnya lagi, selain ronda malam, pemerintah desa juga ditekankan untuk melakukan ronda siang demi meminimalisir dan mengantisipasi maraknya tindak pidana pencurian tersebut.

“Tindak kejahatan saat ini lebih cendrung dilakukan pada siang hari, saat pemilik rumah sedang bekerja, untuk itu, Kepala desa bersama Aparatur desa agar dapat memikirkan bagaimana caranya agar para pemuda yang tidak ada pekerjaan di desa setempat di berdayakan untuk ronda siang,” katanya.

Ia menjelaskan, Polres Bengkalis telah meminta aparat desa di kabupaten yang berjuluk Negeri junjungan tersebut untuk bisa memberdayakan anak-anak muda yang belum memiliki pekerjaan dilibatkan untuk ronda siang dengan menyisihkan sedikit anggaran desa demi menciptakan kondisi Kamtibmas tetap terjaga.(adv)