KADIN Riau: Semua Harus Dukung SE, Berikan Informasi yang Benar

id kadin riau, semua harus, dukung se, berikan informasi, yang benar

KADIN Riau: Semua Harus Dukung SE, Berikan Informasi yang Benar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ekonom Riau Dr Viator Butarbutar meminta semua pihak agar ikut menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 sebagai acuan bagi pemerintah dalam mempercepat pembangunan di daerah.

"Berikan informasi jujur dan baik sesuai yang ditanyakan petugas Sensus, karena data sangat dibutuhkan untuk menyusun kebijakan ke depan oleh pemerintah," kata Viator di Pekanbaru.

Imbauan tersebut disampaikannya terkait Riau secara serentak juga provinsi lainnya di Indonesia melakukan Sensus ekonomi 2016 yang dimulai pada 1-31 Mei 2016, menyusul BPS sudah selesai menyosialisasikan kegaitan tersebut.

Menurut Viator, yang juga Wakil Ketua Umum Bidan Percepatan Pembangunan Ekonomi Daerah Dan Kerjasama Internasional, KADIN Riau itu, SE 2016 yang baru saja selesai disosialisasikan BPS Riau merupakan pengumpulan data ekonomi nasional yang sangat diperlukan untuk perencanaan pembangunan.

Ia mengatakan, sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan sensus mendatang, agar tercipta pelaksanaan SE 2016 dan sasarannya semua pelaku usaha di Indonesia, baik perusahaan, rumah tangga instansi pemerintah, maupun lembaga nonprofit.

"Data SE tersebut, dapat juga dimanfaatkan untuk perencanaan pengembangan usaha oleh sektor swasta, karena itu semua pihak seyogyanya mendukung kegiatan tersebut," katanya.

Kepala BPS Provinsi Riau Mawardi Arsad mengatakan, SE ini berhasil jika pelaku usaha kecil, menengah, dan besar jujur memberikan informasi tentang usaha mereka, misalnya pedagang punya hotel di Riau dan di luar Riau maka harus memberikan data sebenarnya dan sepenuh hati menerima petugas sensus.

Begitu pula seorang pejabat misalnya mempunyai rumah kontrakan di Riau atau memiliki ruko di Riau dan di luar Riau harus diberitahukan secara jujur, jika terbukti bohong maka bisa dikenakan denda Rp200 juta sesuai UU no.16/1967 tentang Statistik.

"Untuk menyukseskan kegiatan ini, BPS RIau menurunkan 6.447 petugas lapangan, 166 koordinator SE dan 12 koordintaor kecamatan," katanya.