Membahayakan yang Melintas, Warga Darussalam di Rohil Minta Pengaspalan Jalan

id membahayakan yang, melintas warga, darussalam di, rohil minta, pengaspalan jalan

Membahayakan yang Melintas, Warga Darussalam di Rohil Minta Pengaspalan Jalan

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Masyarakat Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau meminta kepada pemerintah daerah untuk segera melakukan pengaspalan jalan didaerah itu yang selama ini sangat membahayakan warga yang melintas.

"Kami minta Pemkab Rohil agar jalan sepanjang 9 kilo meter dari Jembatan Tripa ke Desa Darussalam ini segera di hotmix," ungkap warga Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Suwandik, Rabu.

Ia mengatakan, sejak enam tahun Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi ini di mekarkan belum pernah ada sama sekali pengaspalan jalan oleh pemerintah setempat.

Bahkan, selama ini masyarakat sangat gembira mendengar ada niat dari Pemkab Rohil untuk membangun dan mengaspalnya, namun semuanya hanya harapan tinggal harapan dan pembangunan tidak kunjung dilaksanakan.

"Memang pada September 2015 lalu Bupati Rohil saat Panen Jagung di daerah ini berjanji akan melakukan pengaspalan jalan, kalau benar-benar akan di hotmix kami minta tahun ini segera dilakukan," harapnya.

Ia menjelaskan, Kepenghuluan Darussalam yang saat ini memiliki jumlah penduduk mencapai 1849 kepala keluarga mayoritas aktivitas masyarakat adalah petani.

"Hasil pertanian di Kecamatan Sinaboi khususnya di Kepenghuluan Darussalam cukup menjanjikan, selain penghasil padi ada juga jagung, keladi, kacang kuning dan sayur mayur. Tapi kalau sudah jalan rusak semua aktivitas warga otomatis menjadi terkendala, terutama sekali anak TK dan SD setiap hari pergi dan pulang sekolah pakaiannya berlumpur," ujar bakal calon penghulu Darussalam itu.

Pengamatan dilapangan, warga yang sedang melintasi jalan itu dengan menggunakan sepeda motor terlihat ekstra hati-hati untuk menghindari kubangan yang berada diatas badan jalan agar tidak terpeleset.

"Kalau musim kemarau setiap warga yang akan pergi dan pulang memakan debu, begitu juga di musim penghujan akan melewati kubangan kerbau dan berlumpur," keluh warga lainnya Said.

Warga kembali mengingatkan agar Pemkab Rohil melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan segera melakukan pengaspalan jalan mengingat jalan tersebut juga merupakan Jalan Lintas Kabupaten Rokan Hilir menghubungkan Kota Dumai.(adv)