Isi Libur Panjang, Warga Sumbar juga Padati Pasar Bawah Pekanbaru

id isi libur, panjang warga, sumbar juga, padati pasar, bawah pekanbaru

Isi Libur Panjang, Warga Sumbar juga Padati Pasar Bawah Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ribuan wisatawan memadati Pasar Bawah selama dua hari terakhir libur bersama, yang merupakan pasar wisata terkenal di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Berdasarkan pantuan Antara di Pasar Bawah Pekanbaru, Jumat, ribuan wisatawan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat memenuhi tempat itu sejak pagi hari. Para pengunjung tidak hanya berasal dari Pekanbaru, karena banyak juga wisatawan yang datang menggunakan mobil dan bus dari Provinsi Sumatera Barat.

"Karena banyak sekali pengunjung, jadi sulit mendapat tempat parkir. Saya sampai harus berkeliling dua kali sebelum dapat tempat parkir dan lokasinya agak jauh dari Pasar Bawah," kata seorang pengunjung, Sri Ambarwati (62).

Ia mengatakan, banyak pengunjung berasal dari Sumatera Barat ditandai dengan mobil yang digunakan berplat BA, membuat Pasar Bawah lebih ramai ketimbang hari libur biasa. Menurut dia, Pasar Bawah memang menjadi tempat tujuan wisata karena menjual beraneka ragam makanan khas Riau, seperti ikan asap (Salai) dan ikan asin.

Selain itu, para pengunjung juga menggunakan momen libur panjang ini untuk berbelanja kebutuhan untuk persiapan bulan puasa Ramadan.

"Yang paling ramai orang membeli perlengkapan puasa, karena di Pasar Bawah banyak barang yang murah karpet dan toples tempat makanan," ujarnya.

Seorang pengunjung lainnya, Tri Handayani (34), berharap pengelola Pasar Bawah memperbaiki fasilitas agar tempat itu lebih nyaman untuk dikunjungi. Ia mengatakan pasar yang sudah menjadi ikon di Pekanbaru itu masih sangat minim fasilitas parkir dan toilet umum untuk pengunjung.

"Lahan parkir sangat terbatas sehingga kalau sedang ramai pasti macet karena mobil-mobil diparkir di tepi jalan. Belum lagi susah sekali mencari toilet umum di Pasar Bawah ini," katanya.