Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru Meningkat Seribu Orang Per Hari

id penumpang bandara, ssk ii, pekanbaru meningkat, seribu orang, per hari

Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru Meningkat Seribu Orang Per Hari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Bandara Intenasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyebutkan terjadi lonjakan penumpang pesawat udara baik pergi maupun tiba sekitar 1.000 orang per hari.

"Arus penumpang baik terminal kedatangan atau keberangkatan kalau hari biasa 7.500 orang, tapi kini sekitar 8.500 orang per hari," kata Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Ibnu Hasan di Pekanbaru, Jumat.

Meski libur panjang selama dua hari berturut-turut terjadi dalam pekan ini, namun maskapai tidak melakukan penambahan frekuensi terbang.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Pekan, Penumpang Kapal Roro Dumai-Rupat Naik 5 Persen

Saat ini per hari ini tercatat sekitar 76 penerbangan baik mendarat dan lepas landas dengan membawa penumpang baik tujuan domestik maupun internasional pada waktu normal berkisar antara 7.500 orang.

Terdapat sembilan maskapai penerbangan komersial pada rute domestik di bandara tersebut dengan tujuan 13 kota seperti Batam, Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tembilahan, Tanjung Balai Karimun, Medan, Jambi, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Terdapat empat maskapai rute internasional seperti AirAsia rute Pekanbaru-Kuala Lumpur, lalu Malindo Air rute Pekanbaru-Malaka dan rute Pekanbaru-Singapura dilayani dua maskapai yakni Silk Air dan Jetstar Asia.



Baca juga: Tidak ada Lonjakan Penumpang Libur Panjang di Terminal AKAP Pekanbaru


"Kenaikan penumpang tak terlalu signifikan dan tidak setiap hari. Jumlah itu kita rata-ratakan. Berbeda dia dengan libur Lebaran, sekolah dan tahun baru," ucap Ibnu.

Ketua Komite Operator Maskapai (AOC) Pekanbaru, Wahyu Wijanarko mengatakan, kecendrungan penumpang pesawat di Provinsi Riau sering merencanakan liburan pada saat libur panjang karena terdapat hari terjepit nasional.

"Akibatnya rute-rute seperti Batam dan Medan selalu diserbu penumpang, walau harga tiket dibuka pada harga tinggi. Maskapai pun memanfaat momen ini untuk tutupi masa sepi penumpang," terangnya.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Pekan, Tran Metro Pekanbaru Tetap Beroperasi


"Sedangkan rute primadona seperti Pekanbaru-Jakarta tidak terlalu berpengaruh karena banyak operator maskapai yang melayani," kata Wahyu.

Direct Sales Manager Citilink Pekanbaru, Ridwan, mengatakan, kondisi peningkatan penumpang tersebut dialami maskapai yang dipimpinnya karena pada dasarnya harus dikembalikan kepada situasi normal.

Ia katakan, maskapai penerbangan bebiaya murah yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia itu mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang dari dan ke Pekanbaru sejak Selasa (3/5) pekan ini. "Saya perkirakan akan terus meningkat hingga dua hari mendatang," jelasnya.



Baca juga: Libur Sampai Minggu, Penumpang Trans Metro Pekanbaru Turun 40 Persen