PT TBS Bersama TNI Hijaukan Lokasi Bekas PETI Sekitar Sungai

id pt tbs, bersama tni, hijaukan lokasi, bekas peti, sekitar sungai

PT TBS Bersama TNI Hijaukan Lokasi Bekas PETI Sekitar Sungai

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - PT Tri Bhakti Sarimas (TBS) di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan penghijauan di lokasi bekas penambangan emas tanpa izin (PETI) daerah aliran sungai hingga areal perkebunan.

"Ini untuk melindungi kondisi daerah aliran sungai agar tetap baik," kata Humas PT TBS Pucuk Rantau Kuantan Singingi Aripin, di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, ribuan hektare lahan terlihat tidak berfungsi bahkan kondisi sudah porak-poranda meluas ke areal hak guna usaha (HGU) perusahaan akibat ulah pelaku penambang ilegal, ribuan pohon sawit milik PT TBS mati yang sangat merugikan perusahaan.

Pihak perusahaan mengajak Korem Wirabima Riau untuk melakukan reboisasi bersama supaya lingkungan kembali normal dan produktif dengan menanam pohon pelindung maupun pohon sawit di lokasi tersebut agar bermanfaat.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," katanya lagi.

Humas TBS itu juga menyebutkan, penanaman telah mencapai 5.300 pohon untuk menghijaukan areal eks PETI, dan pohon itu dari berbagai jenis di antaranya mahoni, trembesi, dan ketapang masing-masing 1.500 pohon, dan jabon serta meranti sebanyak 600 pohon, dan tanjung sebanyak 200 pohon.

Danrem 031 Wirabima Letkol Inf Edison Sinabutar selaku Dandim 0302/Inhu menyatakan komitmen untuk menjaga bibit yang ditanam tidak diganggu oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab beraktivitas ilegal.

"Kami tidak hanya menanam, tapi ikut berperan aktif menjaganya," ujarnya pula.

Sebelumnya, sudah dilakukan penghijauan di areal bekas PETI, katanya pula, namun pelaku PETI kembali beraktivitas mengakibatkan pohon mati dan tumbang sehingga sangat merugikan pihak perusahaan.

"Kami juga meminta izin kepada PT TBS untuk mendirikan pos untuk ditempatkan sejumlah personel TNI," katanya pula.

Dia menyebutkan, lahan yang terkena PETI tidak hanya sekitar DAS, tapi juga pada radius 400 meter dari sungai yang berdampak luas bagi penduduk di sekitar perusahaan tersebut.