Awas....Penderita Kusta Banyak Ditemukan Di Dumai

id awaspenderita kusta, banyak ditemukan, di dumai

Awas....Penderita Kusta Banyak Ditemukan Di Dumai

Dumai, (Antarariau.com) - Di Dumai, Provinsi Riau kini ditemukan 11 warga yang mengidap penyakit kusta yang menyerang sistem saraf dan kulit manusia dan sudah ditangani Dinas Kesehatan setempat sejak 2015.

"Warga yang menderita kusta ini sebagaian besar adalah orang dewasa, dan tidak ada yang sampai mengalami cacat karena rutin minum obat dan menerapkan perilaku hidup bersih sehat," kata Romauli, Rabu.

Sedangkan pada 2016 ini ditemukan dua kasus penderita penyakit kronis disebabkan serangan bakteri Mycobacterium leprae, namun terpantau masih gejala awal dan langsung ditangani dengan intensif.

Dijelaskan, dari beberapa penderita kusta ini sudah ada yang sembuh dan sebagian masih menjalani perobatan dengan minum obat rutin selama enam bulan untuk kusta kering dan sembilan bulan kusta basah.

Untuk pencegahan agar kusta tidak menular ke manusia lain, Dinas Kesehatan langsung melakukan upaya pemeriksaan kesehatan di lingkungan sekitar warga yang ditemukan terjangkit penyakit tersebut.

Penularan penyakit ini bisa akibat lingkungan tempat tinggal yang tidak bersih dan kotor sehingga muncul virus, kemudian kontak langsung antara penderita dengan manusia lain dengan cara bertukar pakaian.

"Kesehatan lingkungan harus dijaga tetap bersih, dan hindari memakai pakaian bekas atau milik orang lain karena penyakit kusta bisa menular dengan cara itu," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat mengalami kondisi kulit bercak putih seperti panu atau kemerahan diharapkan segera periksakan diri berobat ke Puskesmas.