Mahasiswa Sumsel Jago Robot, Raih Juara Kontes Se Sumatera

id mahasiswa sumsel, jago robot, raih juara, kontes se sumatera

Mahasiswa Sumsel Jago Robot, Raih Juara Kontes Se Sumatera

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Utusan mahasiswa dari Provinsi Sumatera Selatan menjadi pemuncak pada Kontes Robot Indonesia 2016 Regional I Sumatera setelah berhasil menyabet juara terbanyak pada beberapa kategori kontes dilaksanakan Politeknik Chevron Riau (PCR).

"Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya menjadi pemuncak dengan meraih juara terbanyak," kata Ketua Dewan Juri Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional I Sumatera Wahidin Wahab, di Pekanbaru, Minggu.

Wahidin mengapresiasi semua perjuangan para mahasiswa untuk menampilkan yang terbaik. Namun di antaranya masih ada yang lebih baik sehingga berhak mendapatkan penghargaan sebagai juara.

Ia menyebutkan bagi juara 1-3 untuk empat kategori kontes yang diperlombakan itu, antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Divisi Robot Berkaki, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Divisi Robot Beroda, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

"Juara 1, 2, 3 akan diikutkan pada kontes tingkat nasional yang akan diselenggarakan 1-4 Juni 2016 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya," katanya pula.

Pada KRI kali ini Universitas Sriwijaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya dari Sumsel menyabet juara terbanyak pada beberapa kategori, di antaranya kategori KRAI juara 3 dengan nama robot DRimau karya Universitas Sriwijaya, lalu juara harapan diraih robot Atom Sriwijaya V3 karya Politeknik Negeri Sriwijaya.

Kategori KRPAI, robot beroda Politeknik Negeri Sriwijaya meraih juara 1 dengan tema Sriwijaya 16 Lite. Pada kategori ini, mahasiswa asal Sumsel juga mendapat juara harapan dengan Pacet-Brow dari Universitas Sriwijaya.

Pada kategori Robot Berkaki, Politeknik Negeri Sriwijaya juara 2 dengan nama Zeroart, kategori KRSTI Universitas Sriwijaya meraih juara 3 dengan nama robor Aadiyat.

Penghargaan khusus KRI 2016 Regional I buat The Best Spirit Team diberikan bagi robot Atom Sriwijaya V3 dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

Wahidin Wahab menyatakan kontes tahun ini di PCR merupakan yang ke-15, dilaksanakan pada lima regional se-Indonesia yakni Regional I Sumatera, Regional II Jakarta Jawa Barat dan Banten, Regional III Jawa Tengah dan Yogyakarta, Regional IV Jatim, Madura dan Bali, serta Regional V Kalimantan dan Indonesia Timur.

Hasil dari kontes nasional nantinya akan dipilih mewakili negara pada kontes robot internasional di Bangkok 21 Agustus 2016.

"Hanya kategori Kontes Robot ABU yang diambil satu terbaik berhak diutus ke Bangkok 21 Agustus 2016," katanya pula.

Tahun lalu robot Asianpasifik Brodcast Union (ABU) juara umum di Amerika Serikat atas nama perguruan tinggi Sultan Agung.

Berikut data juara hasil keputusan dewan juri KRI 2016 Regional I Sumatera:

Kategori KRAI, juara 1 Nyu-Rong dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, juara 2 Barelang 5.6 dari Politeknik Negeri Batam, Juara 3 DRimau dari Universitas Sriwijaya, juara harapan Atom Sriwijaya V3 dari Politeknik Negeri Sriwijaya.

Kategori KRPAI Robot Beroda juara 1 Sriwijaya 16 Lite dari Politeknik Negeri Sriwijaya, juara 2 Betor dari Universitas Potensi Utama, juara 3 Krakatau 6.1 dari STMIK Teknokrat, juara harapan Pacet-Brow dari Universitas Sriwijaya.

Kategori Robot Berkaki juara 1 Krakatau 6.2 dari STMIK Teknokrat,

juara 2 Zeroart dari Politeknik Negeri Sriwijaya, juara 3 Makalam 4.1 dari Stikom Dinamika Bangsa Jambi, juara harapan Riladi Anmar dari Universitas Lampung.

Kategori KRSBI juara 1 Barelang FC dari Politeknik Negeri Batam, juara 2 Krakatau FC dari STMIK Teknokrat, juara 3 Simidun dari Politeknik Negeri Padang, juara Harapan JP9 (5).

KRSTI juara 1 Paguruyuang Politeknik Negeri Padang, juara 2 Krakatau Art dari STMIK Teknokrat, juara 3 Aadiyat Universitas Sriwijaya, juara harapan Nonemiac dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, dan desain, artistik terbaik diraih Krakatau Art STMIK Teknokrat.

Penghargaan khusus Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) inovasi terbaik untuk Fetih-5 dari Politeknik Caltek Riau.

Penghargaan khusus KRI 2016 Regional I The Best Spirit Team untuk Atom Sriwijaya V3 dari Politeknik Negeri Sriwijaya, dan The Most Favorite Team untuk Barelang FC dari Politeknik Negeri Batam.