Disdik Kuansing Apresiasi Siswa Dirikan Forum Antar OSIS 17 Sekolah

id disdik kuansing, apresiasi siswa, dirikan forum, antar osis, 17 sekolah

Disdik Kuansing Apresiasi Siswa Dirikan Forum Antar OSIS 17 Sekolah

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau memberikan dukungan puluhan siswa membentuk forum Organisasi Siswa Intra Sekolah atau Foksi didaerah sebagai bentuk pembelajaran berorganisasi dan menjalin silaturahmi pelajar.

"Kami apresiasi semangat siswa membentuk sebuah forum khusus," kata Kepala Dinas pendidikan Kuantan Singingi Jupriman di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, setiap sekolah ada wadah untuk berorganisasi yang disebut OSIS, namun dengan berbagai perkembangan, lahir ide dari sejumlah pengurus organisasi untuk menyatukan wadah tersebut se Kuansing agar bisa terjalin komunikasi yang baik atar sekolah yang disebut Foksi Kuansing.

Ratusan pelajar dari sejumlah OSIS bergabung dalam Forum Osis Kuantan Singingi (Foksi), pengurus yang akan menjalani organisasi terpilih dari perwakilan sejumlah OSIS disekolah yang ada, tentunya pihak Disdik berharap sebagai pengurus mampu menjalankan amanah dan sesuai dengan tujuan dibentuknya forum tersebut.

"Semua pihak diharapkan memberikan dukungan, agar sejak pelajar sudah bisa berorganisasi dengan baik," sebutnya.

Semangat berorganisasi yang semakin tinggi di tubuh generasi muda Kuantan Singingi (Kuansing) perlu di apresiasi sepanjang tjuannya positip, terbentuknya Foksi secara resmi telah dikukuhkan pada 5 Februari 2016 oleh Dinas Pendidikan Kuansing di Aula SMKN 2 Telukkuantan yang bertujuan untuk menjalin hubungan silaturrahmi antar sekolah dan pengurus Osis.

Tujuanlain sepertinya adalah memunculkan aktivitas, kretivitas dan inovasi baru generasi muda dan mengatasi kenakalan pelajar, Foksi beranggotakan 8 sekolah yang tergabung dalam 3 kecamatan, yakni Kuantan Tengah, Benai dan Sentajo Raya.

Adapun sekolah yang bergabung yaitu SMKN 1 Teluk Kuantan, SMK N 2 Teluk Kuantan, SMKN 3 Teluk Kuantan, MAN Teluk Kuantan, SMAN 2 Teluk Kuantan dan SMKN 1 Benai, SMAN 1 Benai serta SMAN 2 Sentajo Raya pada awalnya kini berkembang.

Pada 13 MEI 206, diadakan acara penggabungan anggota baru yang terdiri dari 9 sekolah dari 8 kecamatan. Sekolah baru bergabung dalam Foksi yakni SMAN 1 Cerenti ,SMKN 1 Cerenti, SMAN 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Hilir Sebrang, SMAN 1 Inuman, SMAN 1 Kuantan Mudik dan SMAN 1 Hulu Kuantan, SMAN 1 Singingi serta SMAN 1 Singingi Hilir.

"Dengan demikian, sudah ada 17 Sekolah yang menckup 11 kecamatan bergabung dengan Foiksi," ujarnya.

Ratul Huzzah yang dipercaya sebagai Ketua Umum Foksi didampingi Zaki Alfadli selaku wakilnya mengatakan, untuk wilayah Kuansing yang begitu luas dibagi per rayon, wilayah hulu dikoordinatori oleh Andika Febrian dari SMAN 1 Kuantan Mudik, wilayah hilir dengan koordinator Rengki, siswa SMAN 1 Kuantan Hilir dan koordinator wilayah tengah Hizral Naim dari SMAN 1 Benai serta Singingi Yoga dari SMAN 1 Singingi.

"Alhamdulillah, sejumlah kegiatan pertandingan perdana digelar untuk menjalin silaturahmi," ucapnya. (ADV)