Ditemukan ABK yang Tenggelam saat Kecelakaan Kapal di Sungai Siak

id ditemukan abk yang tenggelam saat kecelakaan kapal di sungai siak

Ditemukan ABK yang Tenggelam saat Kecelakaan Kapal di Sungai Siak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Petugas gabungan Kepolisian Resor Siak dan Badan SAR Nasional Provinsi Riau berhasil menemukan Adi Roy Susanto, anak buah kapal (ABK) tug boat atau kapal tunda Hikmah Rizki yang hilang akibat kecelakaan di Sungai Siak.

"Korban ditemukan tadi pagi setelah tim gabungan dengan Basarnas bersama masyarakat terus melakukan pencarian," kata Kapolres Siak, AKBP Restika P Nainggolan kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan korban ditemukan tidak jauh dari lokasi tenggelamnya kapal tunda atau "tug boat" (TB) Himah Rizki dalam keadaan meninggal dunia dan terapung.

Sebelumnya korban yang merupakan ABK di Kapal tunda Hikmah Rizki hilang setelah kapal itu tenggelam akibat terlibat kecelakaan dengan kapal tunda Maju Daya 25 di perairan Sungai Siak tepatnya di Kampung Buatan I Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak pada Rabu dinihari lalu (18/5).

Terdapat enam orang ABK di dalam TB Himah Rizki tersebut. Lima orang diantaranya berhasil diselamatkan nelayan sesaat setelah kejadian meski sempat hilang.

Menurut Kapolres yang baru saja dilantik hari ini tersebut, Polres Siak bersama Basarnas dan masyarakat telah berusaha mencari korban dengan cara menyisir dan mengerahkan penyelam. Namun, cuaca buruk serta kondisi gelap sempat menghambat proses pencarian.

Pencarian sendiri akhirnya kembali dilanjutkan pagi tadi dengan cara melakukan penyisiran menggunakan kapal patroli Satpol Air. "Hasilnya korban ditemukan dalam keadaan mengapung di permukaan air tidak jauh dari lokasi kejadian," jelasnya.

Ia menuturkan, korban diduga terapung di permukaan air setelah rumah-rumah TB Hikmah Rizki hancur di dasar permukaan sungai.

Sementara itu, bangkai kapal yang tenggelam tersebut telah berhasil dievakuasi ke tepian sungai agar tidak mengganggu aktivitas pelayaran di sungai yang cukup padat tersebut.

Keterangan dari kepolisian, kecelakaan kapal tersebut berawal saat kapal Hikmah Rizki yang sedang bersandar di pinggiran sungai siak tiba-tiba ditabrak oleh kapal tunda Maju Daya 25 yang membawa tongkang Markopolo 378. Tongkang tersebut bermuatan bubuk kertas dari PT Riau Andalan Pulp and Paper Pelalawan menuju Sungai Pakning Bengkalis.

Akibat ditabrak, TB Hikmah Rizki lantas mengalami kebocoran lambung kapal hingga akhirnya tenggelam. Sementara, pada saat kejadian mayoritas ABK dalam keadaan terlelap.

Sungai Siak merupakan jalur perairan yang cukup sibuk karena menghubungkan Kota Pekanbaru dan wilayah industri lainnya ke Selat Malaka.