Tionghoa Rohil Peringati HUT Dewa Li Hu Tong Tje Ya

id tionghoa rohil, peringati hut, dewa li, hu tong, tje ya

Tionghoa Rohil Peringati HUT Dewa Li Hu Tong Tje Ya

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau memperingati HUT Dewa Li Hu Tong Tje Ya ke 92, sekaligus memperingati Ulang Tahun Kelenteng Cheng Tong Toa ke 12, Selasa (24/5).

"Kegiatan ini rutin setiap tahun kami lakukan sebagai penghormatan leluhur, bahkan kami juga melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat," ujar tokoh Tionghoa sekaligus Suhu Aliang.

Ia mengatakan, pengobatan gratis kepada masyarakat tersebut merupakan sebagai bentuk kepedulian pihak Kelenteng Ching Tong Toa tanpa memandang suku dan latar belakang siapa saja yang ingin melakukan pengobatan.

"Kami ingin berbagi dengan masyarakat sehingga apapun latar belakang tetap bisa hidup berdampingan dan aman," katanya.

Menurutnya kerukunan yang ada di Bagansiapiapi sangat baik, hal ini menjadi faktor yang membuat suasana dan pembangunan di daerah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Terkait dengan acara yang digelar, pihaknya selama dua hari dua malam melibatkan para peserta dari berbagai daerah bahkan dari luar negeri.

"Kami harapkan keselamatan untuk semua ummat, tidak peduli apapun suku agamanya, karena bagaimanapun kita semua sama di dunia ini," papar Aliang.

Selama upacara berlangsung yang dipusatkan di Kelenteng Jalan Perdagangan, Bagansiapiapi kerap didatangi para peserta, bahkan ratusan Hio berbagai ukuran berdiri di pinggiran jalan dengan asap yang mengepul menebarkan bau khas.

Pada puncak acara, para peserta mengadakan perjalanan ke lokasi yang biasa dijadikan pembakaran Tongkang di Jalan Perniagaan, Bagansiapiapi. (Adv)