Kemenag Imbau Jamaah Umrah Pedomani "Lima Pasti"

id kemenag imbau, jamaah umrah, pedomani lima pasti

Kemenag Imbau Jamaah Umrah Pedomani "Lima Pasti"

Padang (Antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Padang, Sumatera Barat mengimbau kepada jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah untuk mempedomani "Lima Pasti" yang telah ditetapkan pemerintah.

"Mempedomani lima pasti ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyimpangan dan kerugian dalam penyelenggaraan umrah," kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kemenag Padang Eri Iswandi, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan imbauan pasti dari Kemenag pusat tersebut terdiri atas pertama memastikan travel atau penyelenggara umroh memiliki izin.

Hal ini harus menjadi perhatian calon jamaah saat memilih travel perjalanan, bisa ditanyakan langsung pada biro tersebut atau melihat di situs http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu.

Kedua, jamaah harus memastikan harga dan paket perjalanan umroh yang wajar, jika perlu dibandingkan antara satu biro dengan biro lain.

"Pasti ketiga yakni menyiapkan visa keberangkatan dari waktu yang jauh dari keberangkatan," kata dia menambahkan.

Hal yang keempat sebut dia yakni jamaah bisa menanyakan pada biro dan sudah menetapkan waktu keberangkatan, termasuk berkumpul, pesawat dan tujuan mendarat di Arab Saudi.

Keempat hal tersebut cukup penting dilakukan calon jamaah agar terhindar dari penipuan atau calo dari biro perjalanan umroh.