Bansos Riau Tahun 2016 Rp303 Miliar, Akankah Angka Kemiskinan Menurun?

id bansos riau, tahun 2016, rp303 miliar, akankah angka, kemiskinan menurun

Bansos Riau Tahun 2016 Rp303 Miliar, Akankah Angka Kemiskinan Menurun?

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dana Bantuan sosial (Bansos) Provinsi Riau pada 2016 sebesar Rp303 miliar yang dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), hal tersebut disampaikan oleh Dinas Sosial Provinsi Riau.

"Pada 2016 ini, bansos Riau sebesar Rp303 miliar, untuk sembilan program kita harapkan menekankan angka kemiskinan," kata Kepala Dinsos Provinsi Riau, Syarifuddin di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan angka kemiskinan di daerah setempat yakni 8,83 persen dengan jumlah penduduk sekitar 562 ribu jiwa, oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan agar program yang dibuat dengan kucuran dana tersebut dapat menekan angka kemiskinan.

"Korelasinya untuk menekan kemiskinan dan ini sangat membantu, seperti apa yang disampaikan gubernur dari satu sisi kita dapat menurunkan kemiskinan, namun pertumbuhan penduduk akibat imigrasi juga berpengaruh, belum lagi permasalahan dua sektor andalan yakni migas dan sawit turun serta tingkat pengangguran," kata dia pula.

Namun begitu, Dinsos Provinsi Riau telah mengusulkan kepada komisi VIII DPR RI yang sebelumnya pada Selasa (24/5) berkunjung ke daerah setempat dalam rangka menghimpun masukan sinergitas pemerintah dan swasta dalam menanggulangi kemiskinan di daerah setempat.

"Saya mengusulkan kepada komisi VIII agar volume anggarannya lebih karena APBD kan menurun, contohnya untuk kasus anak saja jangkauan tidak memadai, maka kita harapkan dari APBN," kata dia menjelaskan.

Ia mengungkapkan kunjungan Komisi VIII melihat sejauh mana daerah setempat menuntaskan kemiskinan dengan program yang tersinergikan dengan data-data yang valid agar tidak tumpang tindih masing-masing dalam koridor dan ketentuannya.

"Komisi VIII mengharapkan korelasi antara penurunan kemiskinan dan program yang dibuat dinas sosial melalui dana tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menekankan bahwa agar semua pihak dapat besinergi menaggulangi kemiskinan di daerah setempat, dapat menjangkau wilayah dan masyarakat agar bantuan sosial dapat tepat sasaran. (Diana Syafni)