Pemkab Inhil Bangun Rusunawa 5 lantai

id pemkab inhil bangun rusunawa 5 lantai

Pemkab Inhil Bangun Rusunawa 5 lantai

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau akan membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di daerah itu yang rencana pembangunannya dilaksanakan pada 2016.

"Rusunawa ini rencananya akan dibangun lima lantai yang dananya melalui anggaran APBN sebesar Rp22 miliar," kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Rakyat Kabupaten Indragiri Hilir Tengku Edi di Tembilahan, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa nantinya Rusunawa itu akan dibangun di Parit 6 tepatnya di samping makam pahlawan dengan 114 unit rumah.

"Rusunawa ini diusulkan dibangun dengan tipe 36, namun saat di cek ke lapangan beberapa waktu lalu, bangunan yang didirikan berukuran tipe 24," terangnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui surat Bupati telah mengajukan surat kepada pemerintah pusat mengenai hal ini.

"Kedepannya Rusunawa ini direncanakan untuk ditempati pekerja dan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai karena lokasi tempat tinggal mereka itu rawan longsor," paparnya.

Selain membangun Rusunawa, sebutnya Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir juga akan membangun sebanyak 12 unit Rumah Layak Huni (RLH) yang diperuntukkan bagi masyarakat pesisir Riau yang dinilai dalam kategori tidak mampu.

"12 unit rumah ini akan dibangun di dua desa tepatnya berada di Kecamatan Kuindra dan Mandah," katanya.

Ia mengungkapkan dua desa itu ialah Desa Teluk Dalam dan Desa Bekawan. Anggaran untuk pembangunan RLH di dua desa ini masing-masing sebesar Rp350 juta.

"Anggaran ini merupakan dana APBD Kabupaten Indragiri Hilir," sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa RLH yang dibangun merupakan rumah semi permanen dengan tipe 36. Pembangunannya dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat.

"Maksudnya adalah pembangunan 12 unit RLH ini tidak melalui proses lelang melainkan menggunakan tenaga masyarakat setempat. Hal itu dapat menjadi pekerjaan tambahan bagi mereka, dengan menjadi tukang kemudian diupah oleh pemkab Inhil," paparnya.

Pembangunannya, sebutnya, akan dimulai pada Juli 2016, dan diperkirakan pembangunannya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan.

"Bangunan RLH ini akan selesai pada 2016 ini juga," terangnya.(ADV)