Muhammad: Persaingan Makin Ketat, Perguruan Tinggi Harus Lahirkan Lulusan Berkualitas

id muhammad persaingan, makin ketat, perguruan tinggi, harus lahirkan, lulusan berkualitas

Muhammad: Persaingan Makin Ketat, Perguruan Tinggi Harus Lahirkan Lulusan Berkualitas

Bengkalis, (Antarariau.com)- Diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, persaingan semakin ketat, terlebih lagi dibidang ketenagakerjaan, dimana warga asing juga bebas bekerja di daerah Indonesia.

"Mengingat dalam era globalisasi seperti sekarang ini, Perguruan Tinggi (PT) harus mampu melahirkan lulusan yang produktif, terbaik, unggul dan mampu bersaing dengan tenaga terampil dari perguran tinggi lainnya,” kata Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad, di Bengkalis, Rabu.

Ia mengatakan, berbagai tantangan dimasa mendatang mengharuskan perguruan tinggi untuk bisa menghasilkan alumni berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan alaumni-alumni dari perguruan tinggi lainnya di Riau atau bahkan di Indonesia maupun mancanegara.

“Tak hanya itu, perguruan tinggi juga harus bisa mencetak wirausahawan handal yang mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi muda mendatang,” katanya.

Menurut dia, saat ini mayoritas para sarjana ketika lulus kuliah langsung berburu pekerjaan.

“Padahal tidak semua sarjana harus mencari pekerjaan, tapi bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, lulusan perguraun tinggi harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang bertugas menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis memiliki kewajiban untuk melahirkan lulusan berkualitas.